8 November 2013

Mengurus Diri Sendiri




Sepertinya ada banyak hal yang harus dibenahi dalam kehidupan kita masing-masing. Paling utama adalah mengurus kehidupan kita sendiri dibandingkan sibuk mengorek-ngorek kehidupan orang lain. Itu satu hal yang harus saya pelajari lebih dalam lagi. Karena entah mengapa masih banyak sekali orang yang sibuk dengan kehidupan orang lain dan menjadikannya bahan untuk mencerca dan memaki. Namun saat menjadi bahan cercaan saya mengerti bahwa itu adalah bagian dari kehidupan dan di sanalah Tuhan membuatkan lading bagi orang yang mau bersabar.

Bersabar dengan fitnah dan cercaan yang menerpa. Selama itu tidak benar cukuplah berlalu dari semua cercaan itu. Awalnya memang terasa sakit untuk bersabar saja. Kita manusia biasa. Kita pasti ada keinginan, walaupun sekecil debu, ingin membalas perlakukan buruk dari orang yang memaki dan mencaci kita. Namun saat kesabaran it uterus kita latih, lama-lama kita akan terbiasa untuk tidak memperdulikan apa yang orang lain katakana dan melangkah dengan kehidupan kita. Karena saat kita terlalu memperdulikan apa yang orang lain katakana kita akan lupa untuk maju. Kita akan menghentikan langkah hanya untuk mendengar apa yang dia katakana.

Tak ada satu orang pun yang benar-benar tahu tentang kehidupan kita sendiri dibandingkan orang lain kecuali kita sendiri. Tak ada yang bisa menilainya kecuali Tuhan. Berbahagialah dengan cara kita masing-masing. Sebab kita berhak untuk bahagia. Buat yang masih sibuk mengurus kehidupan orang lain, cobalah mulai sekarang untuk mengurus kehidupan sendiri. Sebab belum tentu kehidupanmu yang tak pernah kamu urus itu jauh lebih baik dari kehidupan orang yang terus kamu korek-korek.

@honeylizious

Followers