16 November 2013

Mengawetkan Durian


Kalau harga durian sedang miring-miringnya tentunya keinginan untuk membeli dalam jumlah banyak tak terhindarkan lagi. Kadang saya beranggapan bisa menghabiskan dua atau tiga buah durian sekaligus. Jadi membeli 4-6 biji durian rasanya pas untuk persediaan dua hari. Ternyata saat di depan mata yang terjadi adalah saya hanya menghabiskan sebiji durian.

Bagaimana cerita selanjutnya dengan 5 biji durian yang tersisa?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa buah durian itu lama kelamaan akan merekah kulitnya. Kemudian dagingnya yang terkena udara karena udara bisa masuk ke kulit yang merekah tersebut akan mulai mengering. Kalau sudah mengering tentu saja dagingnya akan menjadi tawar dan tidak enak lagi. Durian yang enak yang dagingnya lembut dan lunak. Basah.

Apabila memang memungkinkan, mengawetkan durian bisa dilakukan dengan mengambil dagingnya dari bijinya, kemudian dijemur hingga benar-benar mengering di bawah sinar matahari yang butuh waktu beberapa hari. Tapi kalau ingin mengawetkan daging durian dalam waktu yang singkat dan ingin menikmatinya tetap seperti durian pada awalnya bisa menggunakan freezer kulkas.

Jadi daging durian dimasukkan dalam wadah dan langsung dibekukan saat masih basah dan lunak. Saat akan menikmatinya kembali keluarkan wadah dan angin-anginkan sampai dagingnya melunak. Rasanya dan manisnya tetap terasa. Persis seperti durian sebelum dimasukkan ke dalam mesin pembeku. Apabila suka memakannya ketika dingin, durianya menjadi seperti es krim.


Sekarang sudah bisa dong mengawetkan durian?

@honeylizious

Followers