28 November 2013

Menajamkan Gunting


Honeylizious.com – Karena akan menjahit sendiri beberapa pakaian yang saya inginkan. Tentu saja dress, sebab akan segera memensiunkan celana-celana jeans yang biasanya saya kenakan. Beberapa di antaranya sudah tak muat lagi, ada pula yang memang kendor. Beli ngepas kekecilan lama-lama, beli yang agak besar malah menjadi kendor kelamaan dikenakan. Akhirnya memilih untuk mengenakan dress saja. Tinggal pakai legging di bagian dalamnya untuk melindungi kaki.

Kalau dress memang akan lebih aman, dibuat selonggar mungkin sehingga akan tetap bisa dikenakan meskipun tubuh menjadi lebih besar atau lebih kecil. Karena itulah mencari-cari informasi mengenai cara menajamkan gunting. Di rumah sih diajarkan cara menajamkan gunting dengan menggunakan botol. Jadi guntingnya di gunting-guntingkan ke botol kaca atau gelas. Tetapi sepertinya itu kurang manjur untuk gunting yang saya gunakan untuk menggunting kain bahan nantinya.

Ternyata ada cara yang lain untuk menajamkan gunting selain dari menggunakan amplas untuk mengasahnya, bisa juga menggunakan alkohol. Jadi kapas dibasahi dengan alkohol lalu digunakan untuk membersihkan gunting yang akan kita tajamkan tersebut. digosok-gosokkan ke guntingnya. Saya tidak tahu mengapa bisa demikian. Tapi sepertinya menarik untuk ibu-ibu di rumah yang guntingnya sering menjadi tumpul akibat digunakan oleh anak-anak untuk bermain dan menggunting kertas.

Saya sering bertanya-tanya waktu kecil, mengapa gunting kain tidak boleh diguntingkan ke kertas. Aki selalu marah kalau saya melakukan itu. Dia akan mengingatkan saya berkali-kali untuk tidak menggunakan guntingnya untuk bermain. Apalagi sampai menggunting kertas. Memang sih gunting miliki Aki selalu tajam padahal tidak diasah. Apakah memang ada hubungannya dengan tidak diguntingkan ke kertas?


Entahlah...

@honeylizious

Followers