18 November 2013

Membuat Onion Ring di Rumah dengan Mudah


Kemarin beberapa resep membuat onion ring di internet saya baca. Tapi tak sepenuhnya saya contek dan dicoba di rumah. Saya hanya mengambil bagian menggunakan air es untuk tepung onion ringnya. Sebab saya menemukan tepung yang lebih gampang untuk membuat onion ring. Saya menggunakan tepung Golden Crispy dari Sajiku. Bukan iklan kok ini. Memang saya menggunakan tepung tersebut untuk membuat onion ring pertama saya.

Awalnya saya menggunakan telur supaya tepungnya menempel dan tepungnya tetap dalam keadaan kering. Tapi kemudian onion ringnya malah menjadi lembek. Jadi alih-alih mengikuti resep atau mencoba resep yang ada di belakang bungkus tepung Sajiku Golden Crispy saya memangkas resepnya menjadi lebih sederhana. Maklum saya memang cukup malas direpotkan dengan cara memasak yang terlalu banyak langkahnya. Jadi kalau teman-teman ingin memangkas langkah-langkah membuat onion ring yang teman-teman temukan di berbagai blog yang sudah memberikan banyak resep, resep dari saya adalah yang paling sederhana.

Satu hal yang harus diingat. Tepungnya jangan diganti. Tetap menggunakan tepung dari Sajiku yang Golden Crispy. Sebab tepungnya memang sudah mengandung bahan-bahan yang bisa membuat gorengan menjadi crispy. Walaupun di kemasannya tertulis tepung ini untuk ayam goreng, bukan masalah kok. Memasak itu seperti seni. Tak ada yang menyalahkan kita untuk lebih kreatif menggunakan bahan yang tersedia di dapur. Saya hanya lupa harganya berapa.

Kalau di resepnya kita diminta membuat dua bagian tepung. Satu kering, satunya lagi basah, itu memang buat ayam goreng. Karena yang ingin kita buat adalah onion ring yang harus kita siapkan hanya tepung basah. Adonannya jangan terlalu encer supaya tepungnya bisa menutupi semua bagian dari bawang bombay yang sudah berbentuk ring tersebut. Sebab jika bawangnya ada yang tidak tertutup tepung akan membuat bawangnya menjadi lembek dan tidak crispy. Pastinya kita ingin onion ring yang kita buat crispy bukan?

Untuk membuat adonan tepungnya gunakan air es. Sama seperti yang saya temukan di resep-resep di blog yang saya baca. Ini fungsinya untuk mengurangi penyerapan minyak. Itu kata orang yang menulis resepnya sih. Saya sendiri tak bisa membedakannya. Sebab beberapa kali saya membuat onion ring ada yang menggunakan air es ada yang tidak menggunakan air es. Kok terlihatnya sama saja ya? Hahahaaha..


Celupkan bawang bombay yang sudah berbentuk ring tersebut ke dalam adonan tepung. Kemudian goreng dengan api yang sedang. Pastikan minyaknya sudah panas. Angkat kalau sudah agak kecoklatan. Sajikan dengan saus sambal selagi panas dan renyah. Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers