26 November 2013

Kue Kering Favorit


Honeylizious.com – Kue kering sebenarnya jarang sekali saya buat. Sebab memang di rumah kalau lebaran tiba lebih sering membuat kue basah. Kue lapis. Berbagai macam lapis akan tersedia di meja. Kue kering malah lebih sering beli. Memang lebih repot sih membuatnya. Apalagi kalau dikerjakan sendirian di rumah, maklum saya jarang pulang. Kalaupun pulang saat lebaran biasanya sudah mepet dengan hari lebarannya.

Tapi kue kering tetap menjadi incaran kalau main ke rumah saudara atau teman-teman. Apalagi kalau ada kue kering favorit yang disediakan di meja. Saya sendiri paling suka dengan nastar dan kue putri salju. Apalagi kalau memang dibuat dengan rasa yang enak bisa berkali-kali ngambil kue keringnya dari dalam toples. Maklum kalau di kampung saya toplesnya diletakkan di depan tamu yang datang. Bukan di meja dan tamu hanya bisa mengambil dengan piring.

Dulunya sih sering, bahkan hampir selalu membuat kue nastar saat lebaran. Dengan cetakan yang mirip dengan mangkuk kecil tetapi ada gelombang di pinggiran luarnya. Adonan tinggal ditekan-tekan mengikuti bentuk cetakan. Lalu selai nanas yang sudah dibuat juga bisa dimasukkan ke dalam cetakan yang sudah ada adonannya.

Selai nanasnya juga dibuat dengan cara yang sangat tradisional. Diparut menggunakan parutan kelapa. Kalau tidak hati-hati tangan bisa ikut terparut atau kalau terlalu lama, nanas yang tajam bisa membuat jari menjadi perih dan terluka. Sampai sekarang nastar masih menjadi kue kering yang mengingatkan akan masa kecil saya dulu di rumah Umak.


Namun kue putri salju juga kue yang enak. Apalagi bagian luarnya yang ada susu dan gulanya. Wiiih bisa nambah terus pas mampir ke rumah teman.

@honeylizious

Followers