14 November 2013

Jalan Menuju Bukit Kelam


Beberapa tahun yang lalu saya sudah lupa bagaimana keadaan jalan yang harus saya lewati untuk menuju ke Bukit Kelam. Entah mengapa banyak sekali yang saya lupakan mengenai perjalanan saya ke Sintang untuk pertama kalinya. Kali ini supaya tidak lupa saya banyak sekali mengambil foto perjalanan yang menurut saya bisa dijadikan kenangan untuk dilihat kapan-kapan. Ternyata jalan menuju ke Bukit Kelam itu serupa dengan jalan menuju Riam Merasap di Sanggau Ledo. Barangkali memang struktur tanah yang sama. Membuat jalanan naik turun dengna semena-mena.

Kalau yang di Riam Merasap ditambah lagi dengan sepinya jalan raya. Sedikit berbeda dengan jalan menuju Bukit Kelam. Sebab memang jalannya merupakan jalan yang menghubungkan Sintang dengan Putussibau. Jadi banyak sekali kendaraan yang melintas. Baik yang roda dua atau yang roda empat bahkan roda enam.


Sepanjang perjalanan saya ngeri sebenarnya sebab jalanannya yang naik turun kadang berlubang. Belum lagi saat bertemu kendaraan yang berlawanan arah. Sempit pula jalannya. Kalau salah-salah bisa tersasar ke tanah kuning yang berada di pinggir jalan yang sangat licin. Tapi saat tiba di Bukit Kelam semua kengerian itu terbayar sebab pemandangan yang indah membuat kita lupa bahwa jalan yang sebelumnya kita lewati sedemikian 'indahnya'.

@honeylizious

Followers