29 November 2013

Jalan Batang Tarang Hancur


Honeylizious.com – Ternyata kerusakan yang terjadi di wilayah timur semakin merembet ke banyak wilayah. Buat penyukai durian pasti tahu daerah Batang Tarang. Dari sinilah banyak pula buah-buah durian yang dibawa ke Pontianak untuk dijual pada masyarakat. Biasanya harganya tak jauh beda dengan durian-durian Kalimantan Barat lainnya. Soal rasa saya sendiri kurang bisa membedakannya. Yang penting rasanya enak. Mau dari Batang Tarang, Sintang, atau Kapuas Hulu sama saja.

Jalan di Batang Tarang ini semakin hancur semenjak truk pengangkut bauksit diizinkan menggunakan jalan umum. Beratnya bisa mencapai 20 puluhan ton bahkan lebih. Terbayang apa yang akan terjadi jika truk dengan muatan seperti itu melewati jalan umum yang tidak diciptakan untuk menghadapi kendaraan berat? Hancur! Sudah dapat dipastikan.

Padahal masyarakat butuh jalan sebagai penunjang mobilitas mereka. Jalanan benar-benar hancur. Bukankah seharusnya truk-truk bermuatan berat seperti ini punya jalan khusus sendiri. Karena kalau sudah hancur bukan hanya truk bermuatan bauksit tak bisa lewat, masyarakat yang tak tahu apa-apa akan dirugikan. Yang untung? Pihak-pihak yang berhasil mendapatkan uang dari pembayaran orang-orang yang menginginkan truknya lewat di jalan negara. Memuluskan keinginannya.


Lagi-lagi alasan klasiknya, uang!

@honeylizious

Followers