18 November 2013

Ini Dia Jalan yang Menghubungkan Indonesia dan Malaysia


Sudah pernah ke Malaysia sebelumnya? Lewat mana? Kalau menggunakan pesawat sih tak akan sadar dengan jalan raya yang menghubungkan Indonesia dan Malaysia di wilayah timur Kalimantan Barat. Ini adalah postingan kesekian yang kalinya yang akan membahas soal jalanan di Indonesia pada umumnya. Khususnya di Kalimantan Barat yang semakin hancur. Sebenarnya bukan jalan di kabupaten saja yang hancur begini. Jalan di Kota Pontianak juga masih banyak yang perlu dibenahi.

Wilayah timur Kalimantan Barat sekarang menjadi medan yang sangat berbahaya untuk dilalui oleh kendaraan. Apalagi kendaraan seperti truk yang membawa banyak muatan. Ironisnya jalanan yang menuju ke negara tetangga juga tak kalah hebat kerusakannya. Pernahkah kita berdiri di tanah air kita Indonesia sambil memandang ke depan yang merupakan negara Malaysia? Bagaimana keadaannya? Bagaimana perbedaannya?

Tentu saja kita akan berdiri di antara kubangan air dan jalanan yang penuh lubang sambil memandang jalanan yang mulus di seberang sana. Tempat yang kita seberangi dan bernama Malaysia. Berada di bumi yang sama tapi jalannya sangat berbeda. Daratan yang sama. Kita membutuhkan pejabat yang mau bekerja dan memperbaiki negara kita. Bukan orang-orang yang sibuk mengeruk keuntungan atas negaranya sendiri.

Apakah harus berkali-kali mengingatkan bahwa kita hanya tinggal di satu bumi. Tak ada tempat yang lain. Seberapa banyak lagi kehancuran yang harus kita buat di muka bumi ini untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa kita butuh tanah, air, dan udara untuk hidup? Tak peduli sebanyak apa pun uang yang kita miliki tak akan pernah ada gunanya ketika bumi ini sudah hancur.


Baru jalan yang kita biarkan semakin hancur. Hutan-hutan sudah kita babat dan menjadi perkebunan kelapa sawit. Tanah-tanah sudah kita tambang dan jadikan tempat yang tandus dan gersang. Polusi udara sudah di mana-mana. Apalagi kehancuran yang belum kita buat?

@honeylizious

Followers