21 November 2013

I Love Her


Perempuan yang sekarang paling aku cintai tentu saja diriku sendiri. Tapi bertahun-tahun yang lalu, barangkali ada orang yang memiliki pemikiran yang sama, diri ini adalah orang yang sangat membenci dirinya sendiri. Rasanya ada yang keliru dengan lahir menjadi dirinya. Berharap menjadi orang lain. Melihat betapa beruntungnya perempuan lain yang sepertinya lebih beruntung. Lebih bahagia. Mendapatkan apa yang ingin dia dapatkan dalam kehidupannya.

Berbeda dengan dirinya yang seakan-akan sulit sekali mendapatkan apa yang dia inginkan. Begitu banyak kesulitan yang dia lewati dan belum tentu dia akan mendapatkan apa yang dia impikan tersebut. Namun baru sekarang 'perempuan' yang belasan bahkan puluhan tahun yang lalu itu menyadari dengan baik bahwa tak ada kehidupan yang benar-benar sempurna. Tak ada 'perempuan' yang terlahir sebagai bidadari di surga.

Setiap kehidupan ada masalahnya. Bukan hanya kehidupan yang dia jalani. Kehidupan yang aku jalani terasa berat sebab aku yang menjalaninya. Aku tak menjalani kehidupan orang lain. Itu sebabnya kadang aku berpikir bahwa kehidupanku yang paling berat. Bahwa kehidupanku yang paling penuh penderitaan. Padahal setiap kehidupan ada masalahnya masing-masing. Tidak akan ada satu orang pun yang hidup di dunia ini tanpa masalah jika memang dia memiliki impian di dalam kehidupannya.

Menjadi diriku yang sekarang, menjadi orang yang sekarang menuliskan ini, akhirnya aku menyadari bahwa aku sangat mencintai diriku yang sebelumnya, sekarang, dan tentunya di masa depan. Sebab aku berjuang untuk menjadi orang yang menjalani kehidupan yang ini sebagai seorang Rohani Syawaliah. Menjadi apa pun diriku sekarang. Perjuangan belum selesai.

Membenci diri sendiri itu melelahkan dan tak akan pernah ada habisnya. Tak ada orang yang benar-benar bahagia tanpa penderitaan di dunia ini. Sebab kebahagiaan selalu diikuti oleh derita. Seperti sekeping uang logam yang memiliki dua sisi. Jika kita ingin memiliki uang tersebut, kita harus mengambil kedua sisinya. Tak akan bisa hanya satu bagian saja yang dengan egoisnya kita ambil.


Berbahagialah menjadi dirimu sendiri sebab kamu telah berhasil melewati banyak hal untuk menjadi diri yang sekarang kamu miliki.

@honeylizious

Followers