12 November 2013

Gua Maria, Wisata Rohani Sintang Kalimantan Barat


Di Sintang, sebelum kita tiba di Bukit Kelam kita akan bertemu dengan Wisata Rohani. Di depannya ada patung Yesus dan beberapa anak kecil. Ada tulisan di sisi lain pintu gerbangnya 'Wisata Rohani'. Serasa dipanggil untuk masuk ke dalam tempat wisata tersebut. Sebenarnya dulu saya memang pernah datang ke Sintang tetapi waktu itu memang tidak masuk ke tempat wisata ini. Kalau tidak salah saya juga tidak tahu ada tempat Wisata Rohani di sana.

Di Sintang waktu itu cuacanya panas sekali. Bahkan pulang dari sana pun saya masih merasa dehidrasi sehingga beberapa kali harus minum air putih dalam jumlah banyak. Karena cuaca yang sangat panas waktu menuju ke Bukit Kelam, salah sendiri datang ke sana sekitar pukul 11 yang tentu saja matahari sedang garang-garangnya. Belum lagi di sisi kiri kanan jalan beberapa kali tak menemukan pohon yang rindang. Saat sudah memasuki kawasan wisata Bukit Kelam barulah suasananya agak sejuk.

Lokasi Wisata Rohani memang masih banyak sekali pepohonan yang melindungi kita yang berada di dalamnya. Untuk masuk waktu itu kebetulan tak perlu tiket atau membayar. Jadi kami langsung masuk saja dan menemukan beberapa tempat wisata di dalamnya. Paling menarik minat saya sebenarnya Gua Maria. Penasaran sih bagaimana sebenarnya Gua Maria yang ada di Sintang, Kalimantan Barat. Bagaimana bisa disebut sebagai Gua Maria dan apakah memang dulunya tempat tersebut sudah berupa gua atau kemudian dibuat sebuah gua di dalamnya. Tetapi untuk masuk dan melihat Gua Maria tersebut bukanlah hal yang mudah. Karena kami sendiri dikejar waktu untuk segera pulang dan belum tiba di Bukit Kelam, saya juga mengenakan wedges yang sangat tidak sesuai untuk dikenakan selama berpetualang menuju Gua Maria yang sepertinya banyak bebatuannya.

Jadi saya hanya berhenti di depan papan penanda Gua Maria. Menjepretnya lalu keluar dari lokasi tersebut. Kebetulan kami datang ke sana hari Selasa, tempatnya jadi tak begitu ramai dari pengunjung yang berwisata ke sana. Semoga saja ada kesempatan untuk datang ke Wisata Rohani ini dan melihat langsung Gua Maria yang dimaksud dan mengabadikannya di dalam blog. Urung masuk selain alasan yang sudah saya katakan sebelumnya, Putra juga mengatakan banyak orang yang jatuh saat akan berwisata ke Gua Maria tersebut. Sedikit seram mendengarnya.


Barangkali kalau kapan-kapan ingin datang dan melihatnya harus mengenakan sandal atau sepatu yang lebih nyaman untuk mendaki bebatuan yang ada di sana. Kalau memang ada teman-teman yang sudah pernah ke sana boleh saja berbagi informasi di kotak komentar blog ini. 

@honeylizious

Followers