16 November 2013

Durian Murah di Pontianak


Sejak dulu sampai sekarang rasanya saya berbahagia sekali karena lahir dan membesar di Kalimantan Barat. Sebab di sini harga makanan yang saya sukai tidak mahal. Ramah di kantong. Seperti makanan laut dan juga buah durian lalu buah jeruk. Walaupun saya selalu suka dengan jeruk madu yang ada di Tebas dan Jawai, buah durian tetap juga menjadi pilihan yang sangat tak bisa ditolak. Selalu saja ada alasan untuk mendapatkan buah durian ini dan menikmatinya.

Durian harganya lumayan murah di Pontianak. Sekarang belum terlalu tumpah ruah tapi sudah banyak juga yang membanting harganya. Padahal banyak durian yang didatangkan dari wilayah timur Kalimantan Barat yang jalannya hancur lebur itu. Untuk datang ke Pontianak dengan muatan yang sangat banyak. Satu mobil durian tentu bukan hal yang mudah. Risiko ruginya sangat besar. Kalau truk yang membawa sembako tumbang tetapi barangnya tidak ikut tumpah ke jalanan tentu saja masalahnya hanya bagaimana membuat truk tersebut berdiri kembali. Namun akan beda cerita kalau yang tumbang adalah truk atau pick up yang membawa durian.

Kalau kendaraan yang mereka gunakan untuk mengangkut durian tersebut tumbang lalu butuh waktu untuk membuat kendaraannya tegak kembali, berapa banyak durian yang bisa diselamatkan. Sebab durian yang sudah merekah kulitnya, kalau sudah matang sekali memang durian akan mulai merekah, kelamaan dibiarkan daging buahnya akan mengering dan tidak enak lagi untuk dimakan. Tapi tetap saja ada yang bisa menjual durian yang didatangkan dari wilayah timur Kalimantan Barat dengan harga yang miring.


Harganya cukup murah untuk durian yang kualitasnya baik dan ukurannya lumayan besar ini. Satu bijinya dibanderol dengan harga 20.000IDR. Tawar-menawar adalah hal yang biasa antara penjual dan pembeli durian. Didapatkan harga yang disepakati yaitu tiga biji durian cuma 50.000IDR. Murah bukan?

@honeylizious

Followers