27 November 2013

Daun Jambu Biji Obat Demam Anak


Honeylizious.com – Melihat pemberitaan mengenai anak-anak yang sakit dan ternyata malah mendapat penyakit lain setelah meminum obat dari puskesmas memang miris ya. Mau menyalahkan puskesmas rasanya juga tidak etis. Mereka tidak tahu dengan pasti kenapa si anak bisa malah tambah sakit dan timbul alergi setelah meminum obat yang mereka berikan. Ada pula yang sampai susah makan karena alerginya sampai ke dalam mulut. Kalau saya sendiri selalu menolak diberikan antibiotik dari amoxilin. Sebab sejak beberapa tahun terakhir memang alergi.

Tidak semua orang tahu dengan alergi obat yang dia derita. Tapi kalau cuma demam biasa sebenarnya tak harus juga dibawa ke dokter dan diobati dengan obat-obatan modern. Bukannya waktu jaman dulu banyak orang yang bisa menyembuhkan penyakitnya tanpa dokter? Bukan berarti mendiskreditkan kemampuan dokter untuk mengobati pasiennya ya.

Dulu, waktu masih di kampung, nenek saya sering tuh mencampurkan daun jambu biji ke dalam air hangat yang kemudian saya gunakan untuk mandi kalau saya sudah mengeluh panas badan lebih tinggi dari biasanya. Beberapa kali mandi air hangat yang ada daun jambu bijinya demam berangsur membaik. Tidak perlu ke puskesmas apalagi ke rumah sakit. Kecuali setelah beberapa kali mandi air daun jambu biji tak ada perubahan dan demamnya tambah parah barulah kita boleh khawatir.


Orang tua jaman sekarang memang dikit-dikit suka membawa anaknya ke dokter. Selain karena khawatir dengan penyakit anaknya, merasa bahwa dokter tentu bisa menangani anaknya lebih baik. Itu memang benar. Orang tua sudah sepantasnya khawatir dengan keadaan anaknya. Tapi kasihan juga si anak kalau sedikit-sedikit minum obat dari dokter. Kalau masih ada obat tradisional untuk menyembuhkannya mengapa harus ke dokter?

@honeylizious

Followers