18 November 2013

Bun Tahu di Abang Kepiting


Masih bicara soal menu yang saya makan beberapa hari yang lalu di Abang Kepiting. Kebetulan makannya banyak sekali waktu itu. Nah sayurnya selain cah kailan juga memesan bun tahu. Biasanya sebenarnya saya memesan sapo tahu yang dimasak dengan makanan laut. Seperti udang dan bakso.

Ternyata ada tahu yang lain yang belum pernah saya coba. Yaitu bun tahu. Karena bun tahunya hanya satu pilihan, bun tahu spesial, jadilah memesan menu tersebut yang satu porsinya dihargai Rp22.000/porsi. Memang satu porsinya tak sebanyak sapo tahu yang biasanya saya makan di warung makan di depan pasar Flamboyan lama, Jl Gajahmada. Teman-teman barangkali sudah lupa dengan warung makanan laut favorit saya tersebut. Miliknya Aa' Heri yang memang dinamai sesuai dengan nama beliau. Warung Aa' Heri, namanya.

Bun tahu spesial milik Abang Kepiting sesuai dengan menu yang lainnya, rasanya enak banget. Walaupun tidak ada unsur pedasnya, tetap saja lezat. Apalagi kepiting yang kami pesan waktu itu sudah pedas. Belum lagi kerang rebus yang disajikan dengan semangkuk kecil sambal hijau yang dicampur dengan jeruk. Jadi bau amis kerangnya tak begitu terasa karena terkena asam jeruk tersebut. Walaupun sebenarnya saya tak begitu masalah dengan bau amis kerang segarnya.

Bun tahunya tak begitu berbeda sebenarnya dengan sapo tahu. Cuma bun tahu itu seperti sudah digoreng, jadi bagian luarnya kecoklatan sedangkan sapo tahu putih bersih mirip dengan puding susu. Kalau ditanya tahu yang mana yang lebih saya suka? Sebenarnya saya suka segala jenis tahu. Paling favorit waktu kecil sih tahu yang dibikin oleh orang tua teman saya yang tinggal di Desa Matang Suri, Jawai Selatan. Dulunya tahu di warung tersebut sangat terkenal. Selain menjual dalam bentuk mentahnya kita juga bisa membeli tahu yang sudah digoreng. Satu tahu dipotong menjadi 9 potongan kecil seperti dadu. Mirip dengan tahu Singkawang. Warga Kalimantan Barat pasti tahu benar tahu yang saya maksud.


Mau tahu tentang tahu Singkawang? Nanti saya buatkan di tulisan berikutnya!

@honeylizious

Followers