14 November 2013

Bukit Penyeladi Sanggau Kapuas

Foto oleh  Iwan

Setelah keluhan panjang mengenai jalanan yang ada di wilayah timur Kalimantan Barat dan juga ajakan kepada teman-teman untuk mendukung Gerakan Rp1.000 untuk jalan Sanggau sekarang saatnya untuk membagikan tempat-tempat yang indah yang ada di Kalimantan Barat. Khususnya yang ada di Sanggau Kapuas. Sanggau yang sama yang jalannya hancur lebur macam bubur kalau sudah dilanda hujan yang deras. Sebab jalanannya penuh dengan lumpur dan membuat jalanan tersebut sangat licin untuk dilewati.

Di Sanggau Kapuas kita bisa mendatangi sebuah bukit yang pemandangannya sangat indah. Kita bisa melihat langit yang jernih dengan awan-awan putih menghiasinya. Sungai yang membentang juga membuat kita ingin berenang di dalamnya. Belum lagi pohon-pohon dengan daunnya yang menghijau. Menyejukkan suasana. Buat orang yang sudah penat dengan kebisingan ibu kota dan polusi kendaraan yang tak terkendali tentunya tempat-tempat seperti ini akan sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

Saya membayangkan saya mendatangi tempat ini sambil membawa sebuah pancing. Memancing ikan di sungai yang dalam tersebut. Siapa yang mengira ikan apa saja yang akan saya dapatkan. Memancing ikan berjam-jam sambil menikmati pemandangan. Jangan lupa pula untuk membawa makan siang. Kalau perlu sih menyiapkan alat untuk memasak ikan yang berhasil dipancing.

Daerah wilayah timur Kalimantan Barat memang terkenal dengan hasil ikan air tawarnya. Makanya banyak sekali makanan di sini yang terbuat dari ikan. Seperti kerupuk basah dan kerupuk keringnya.


Keindahan alamnya kontras sekali dengan keadaan jalanan yang harus kita lewati di sepanjang wilayah timur Kalimantan Barat ini. Padahal dengan jalanan yang lebih mulus tentunya banyak tempat wisata bisa dieksplore dan membuat banyak wisatawan untuk datang dan menikmatinya. Sayang sekali jika pemandangan seindah ini hanya disaksikan oleh masyarakat sekitar. Tanpa ada yang tahu bahwa di Sanggau Kapuas Kalimantan Barat ada bukit yang dinamai Bukit Penyeladi.

@honeylizious

Followers