12 November 2013

Berwisata Sambil Berteriak-teriak Ke Sintang Saja!


Selama ini barangkali kita akan lebih memilih Bali atau Lombok sebagai tempat wisata. Tetapi tak banyak tempat wisata yang bisa menawarkan seperti yang akan kita alami saat mendatangi Sintang. Buat yang suka memincu adrenalinnya selama berwisata tampaknya lebih baik membatalkan pilihan untuk ke Bali atau Lombok sebab Sintang adalah tempat yang paling tepat untuk itu semua. Jangankan Sintangnya, perjalanan menuju Sintang dapat dipastikan akan membuat kita yang tak terbiasa dengan jalannya akan berteriak-teriak.

Sudah pernah naik roller coaster? Rata-rata roller coaster yang disediakan oleh dunia fantasi atau taman bermain sudah dilengkapi dengan keamanan yang benar-benar aman. Kita tidak akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan selama naik roller coaster tersebut. Kalau pun tetap akan mengalami musibah selama bermain roller coaster tentunya itu sudah beda kasusnya.

Selama naik bus yang menuju Sintang kita akan diajak seperti bermain roller coaster tanpa pengaman. Tak ada jaminan bahwa bus tidak akan masuk jurang atau terbalik. Semuanya bergantung kemampuan supir membawa bus tersebut selamat sampai tujuan dan tentu saja kehendak Yang Maha Kuasa. Kalau sudah demikian yang dapat dilakukan hanyalah berdoa supaya bus tidak mengalami musibah yang tidak kita inginkan.

Tarik selimut, pejamkan mata, lalu berdoa dalam hati. Berdoa yang banyak. Nikmati semua goncangannya. Kalau sudah percaya sama Yang Maha Kuasa pastinya kita akan tenang selama perjalanan walaupun bus berguncang sangat hebatnya selama perjalanan. Terutama di Kabupaten Sanggau. Jalanan di Kabupaten Sanggau memang sedang rusak parah. Parah sekali. Layaknya kubangan kerbau. Dapat dibayangkan bagaimana akibatnya jika bus seukuran panjang 12 meter atau Damri melewatinya?

Belum lagi jalanan ada yang menurun dan menanjak. Sisi kiri kadang hutan dan kanannya jurang. Tanpa pengaman apa pun penumpang dan supir berada di dalam bus. Kalau bus tersangkut dan mogok sih sudah banyak kejadiannya. Kebanyakan yang terbalik biasanya adalah truk yang memiliki muatan. Ditambah lagi jalanan yang berlubang tersebut sangat sempit. Dua kendaraan yang berlawanan arah saat berpapasan harus bergerak dengan hati-hati kalau tak ingin saling menyenggol.

Buat yang tak terbiasa dengan jalanan seperti ini dan kendaraan yang terus berguncang sepanjang perjalanan, dapat saya pastikan akan berteriak histeris. Karena setiap guncangan rasanya bus akan segera terbalik. Kalau penumpang yang melambung-lambung di atas tempat duduknya sudah tak dapat dihitung dengan jari lagi berapa kali kejadiannya.


Jangan tanya saya ngapain selama perjalanan, yang jelas saya sudah pergi dan pulang dengan selamat tanpa berteriak sama sekali. Nikmati saja. Anggap sedang berada di dufan dan naik roller coaster.

@honeylizious

Followers