2 November 2013

Bermacam Jenis Bahan Pakaian dan Cara Mencucinya


Di tengah kesibukan bekerja atau melakukan kegiatan rumah tangga sehari-hari, terkadang kita tidak mempunyai waktu untuk memilah cucian kotor dan langsung memasukkannya ke mesin cuci secara bersamaan. Namun ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis bahan pakaian, beberapa jenis deterjen yang berbeda dan cara menggunakan mesin cuci yang benar,  Beberapa tips umum yang sebaiknya kita selalu ingat antara lain:
·       Selalu merujuk pada label perawatan pakaian untuk informasi cara mencuci yang disarankan oleh produsen
·       Pisahkan pakaian berwarna dengan pakaian putih untuk menghindari kemungkinan baju putih rusak karena warna luntur
·       Untuk pakaian kotor pada umumnya, cuci pakaian sesegera mungkin. Membiarkan pakaian kotor akan membuat noda meresap ke pakaian dan akan lebih susah untuk dibersihkan.
·       Biasakan menggunakan air dingin atau air hangat untuk pencucian. Hindari pencucian dengan air panas jika tidak dibutuhkan.  Selain dapat menghemat energi, pencucian dengan air dingin atau hangat akan memperkecil kemungkinan pakaian mengkerut ataupun rusak.
Bahan Katun
Jenis bahan ini merupakan jenis yang paling mudah untuk dicuci karena tidak memerlukan usaha terlalu banyak. Walaupun ada beberapa bahan katun yang lembut dan memerlukan siklus pencucian tangan, namun bahan katun umumnya dapat dicuci dengan siklus pencucian normal dengan air dingin atau hangat. Setelah pencucian selesai, jemur pakaian Anda dan biarkan mengering.
Pakaian Berbahan Halus
Jenis bahan yang halus seperti sutra atau wol ini memerlukan perawatan yang lebih detail karena bahan ini cukup sensitif dan mudah rusak jika tidak dicuci dengan benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci pakaian berbahan halus:
·       Pilih deterjen yang lembut dan tidak merusak pakaian
·       Pilih siklus pencucian lembut atau handwash di mesin cuci kita. Biasanya mesin cuci modern menyediakan siklus pencucian ini.
·       Gunakan kantung khusus berbentuk jaring untuk menggabungkan pakaian berbahan lembut kita. Kantung cucian ini berguna untuk melindungi pakaian dari gesekan dengan pakaian atau benda lainnya seperti aksesoris.

Mencuci Baju Bola Kesayangan Anak

Umumnya anak laki-laki sangat suka dengan permainan sepakbola dan kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membelikan seragam dari klub favorit mereka. Tentunya kita ingin menjaga agar baju bola kesayangan mereka tetap dalam kondisi baik. Tips ini juga dapat diterapkan ke baju olahraga berbahan poliester pada umumnya seperti baju lari atau baju sepeda:
·        Pilih pengaturan  siklus pencucian tangan (handwash) atau lembut (delicate) di mesin cuci kita.
·        Gunakan deterjen tanpa dicampur dengan pelembut atau pemutih karena dapat merusak bahan dan membuat pakaian menjadi luntur.
·        Sehabis mencuci, sebisa mungkin taruh baju di permukaan yang datar dan biarkan mengering. Jika tidak memungkinkan,  jemur pakaian kita seperti biasa tanpa menggunakan mesin pengering.
·        Pada umumnya, tidak disarankan untuk menyeterika baju olahraga khususnya seragam bola. Cek terlebih dahulu label perawatan pakaian untuk memastikannya.
Jika sudah terbiasa dan mengetahui cara mencuci yang benar, kita akan menghemat banyak waktu. Selain itu, kita dapat memperkecil kemungkinan menjalankan siklus pencucian yang tidak sesuai, dan juga menghemat pengeluaran untuk mengganti baju yang rusak atau luntur! Selamat mencuci. J

Related Posts

Bermacam Jenis Bahan Pakaian dan Cara Mencucinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.