14 Oktober 2013

Tentang Alun-Alun Kapuas Pontianak

Foto oleh Heni.

Di Pontianak sebelumnya orang lebih banyak menyebutnya Korem. Karena memang lokasi Alun-Alun Kapuas berhadapan langsung dengan Korem. Sekarang sih bukan korem lagi kalau tidak salah. Tapi jangan Tanya apa namanya sebab saya kurang memperhatikan.

Saya ingat sekali kalau Alun-Alun Kapuas ini dulunya menjadi tempat gaul yang sedikit ‘remang-remang’. Banyak perempuan yang menawarkan kencan singkat bertebaran. Belum lagi pondok-pondok asmara yang tanpa penerangan. Tetapi kita yang berjalan-jalan berkeliling akan melihat bagaimana siluet sepasang manusia yang memadu kasih dengan asyik mahsyuknya tanpa peduli dengan keadaan sekitar. Paling-paling hanya bisa memalingkan muka jangan sampai menemukan ada yang melempar dalamannya tanpa sadar ke tempat yang terang. *ulalala


Namun sekarang Alun-Alun Kapuas sudah jauh dari anggapan tempat remang-remang. Pembangunan alun-alun membuatnya dipoles total. Tak ada lagi tempat yang remang-remang. Pondok-pondok asmara juga sudah dimusnahkan. Bahkan ada air mancur yang akan menyala pada malam hari membuat suasana semakin menyenangkan. Kalau kurang puas dengan pemandangan bisa berkeliling di Sungai Kapuas dengan membayar 10.000IDR/orang untuk café terapung yang akan membawa kita hingga ke dekat Jembatan Kapuas 1 yang sekarang masih tertutup untuk kendaraan roda empat sejak ditabrak tiangnya dari sungai.

@honeylizious

Followers