22 Oktober 2013

Sudah Sukses atau Belum?


Tak ada satu orang pun di dunia ini yang senang disamakan dengan orang lain. Tetapi entah mengapa banyak sekali di antara kita yang suka mencari-cari seseorang yang memiliki minat yang sama dengan kita yang sudah sukses lalu kita membuat perbandingan antara diri kita dengannya. Misalnya kita selalu mengatakan diri kita suatu hari akan menjadi seperti dia. Kita akan sukses seperti dia. Bahwa kesuksesan yang dia miliki adalah tolak ukur yang akan kita gunakan untuk membangun sesuatu yang kita sebut masa depan.

Apakah itu benar atau salah?

Tak ada sesuatu yang benar-benar mutlak di dunia ini. Tak ada yang salah dengan mencoba membandingkan diri kita dengan orang lain untuk mencapai yang namanya kesuksesan. Sebab itu bisa menjadi seuatu yang kita sebut langkah pertama. Tapi kita tak bisa mencoba jalan yang sudah dilewati di dalam kehidupan orang lain dan menjadikan sebagai 'contoh'. Itu adalah sesuatu yang tak akan pernah bisa kita bandingkan. Karena jalan kehidupan setiap orang berbeda. Tak ada yang bisa menjalani kehidupan yang sama dan mencapai kesuksesan yang sama.

Karena itulah jangan pernah mencoba untuk mencari kesuksesan yang sama seperti orang lain. Ada kalanya seseorang sukses di tangga yang berbeda dengan yang kita lewati. Tingkat kesuksesan setiap orang berbeda karena kita tak akan berada di posisi yang sama. Mengapa tak mencoba untuk menjadi seseorang yang lebih sukses dari diri kita yang kemarin. Karena saya yakin kita bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan diri kita yang sebelumnya. Saingan terbesar kita adalah diri kita sendiri. Bukan orang lain.

Mau sukses seperti apa pun ini jalan kita. Tak ada orang yang bisa mengatakan kita tidak sukses dengan apa yang kita punya sekarang atau yang tak pernah kita punyai. Setiap rezeki yang diberikan Tuhan berbeda antara satu manusia dengan yang lainnya. Selama kita bisa bersyukur dengan apa yang kita punya mengapa kita harus mencoba untuk menjadi sukses dengan cara orang lain.


Kamu sudah sukses belum?

@honeylizious

Followers