28 Oktober 2013

Sekarang Semua Orang Bisa Menjadi Penulis


Saat era digital semakin menjadi gaya hidup dan kebutuhan kita sekarang semuanya menjadi mungkin. Tak ada lagi impian yang tak bisa menjadi kenyataan. Misalnya ingin keliling dunia tapi tak ada uangnya. Tak ada salahnya menggunakan Google Maps untuk mampir ke tempat-tempat yang ingin kita datangi. Melihat seluk-beluk tempat tersebut dengan baik dan membayangkan bahwa suatu hari nanti akan benar-benar menginjakkan kaki di tempat tersebut.

Banyak pula orang yang memiliki gaya fashion yang memikat dan dengan memanfaatkan teknologi mereka bisa menjadi selebfashion di berbagai sosial media. Jadi untuk menjadi penulis sebenarnya bukan hal yang mustahil. Sangat gampang malahan. Tinggal menulis dan bisa langsung diterbitkan di blog. Siapa yang tak bisa melakukannya dengan koneksi internet yang sudah berada dalam genggaman.

Menjadi penulis bukan berarti pula kita harus punya banyak karya yang terbit secara mayor di berbagai penerbit ternama. Sebab dengan memiliki karya berupa tulisan kita sudah merupakan seorang penulis. Tinggal memamerkan semua tulisan di blog atau microblog saja. Percayalah pada akhirnya akan ada yang membaca tulisan kita dan membuat kita memiliki pembaca yang menikmati semua karya yang kita pajang di blog.

Kalau memang merasa bahwa penulis harus punya karya yang dibukukan tenang saja, sudah banyak sekali penulis yang bisa menerbitkan karyanya di penerbitan indie. Tinggal masukan saja naskah kita yang siap cetak dan langsung bisa dijual. Tanpa ada yang namanya seleksi. Sebab tak semua orang bisa menulis sesuai dengan selera pasar. Banyak pula orang yang bertahan dengan idealisme sendiri dan tidak mengejar selera pasar untuk membuat sebuah karya.

Dengan menerbitkannya secara indie kita yang akan menentukan semuanya. Tak ada yang berhak mengedit atau mengacaukan tulisan kita. Bahkan kita sendiri bisa memutuskan cover seperti apa yang ingin kita gunakan untuk buku tersebut. Termasuk hal kecil seperti font apa yang akan digunakan untuk naskah tersebut nantinya. Masih ada yang mengatakan sulit jadi penulis? Duh di era digital seperti ini tak ada yang tak mungkin lagi. Semuanya hanya sejauh jangkauan jari tangan kita.

Internet membuka pintu untuk mencapai impian kita dengan mudah. Menjangkau seluruh dunia dengan koneksi internet saja. Beruntunglah kita yang lahir di era ini. Tak terbayangkan jika kita lahir 100 tahun yang lalu. Jangankan untuk menikmati indahnya mewujudkan impian, mau mengendarai kendaraan bermotor atau mobil seperti banyak remaja sekarang saja rasanya bukan sesuatu yang memungkinkan.

Tak terbayangkan lagi kemudahan yang akan terjadi 50-100 tahun mendatang. Apa yang akan dicapai oleh anak cucu kita nanti. Bagaimana perkembangan teknologi untuk mereka yang memiliki impian-impian besar.

Masih ragu untuk mencapai impian yang sejak lama teman-teman bayangkan? Masih berpikir bahwa segalanya tidak mungkin. Paling penting sebenarnya mewujudkan impian itu menjadi nyata bukan hanya sekadar berpikir yang muluk-muluk mengenai bagaimana bentuknya impian tersebut saat terwujud nantinya. Saat impian yang kita inginkan terwujud rasanya sudah cukup. Begitu juga saat saya menyelesaikan novel pertama saya dan menerbitkannya. Mau nantinya booming atau tidak bukan masalah utama. Paling penting buku tersebut terbit dan bisa dilempar ke pasaran.

Sekarang semuanya berbuah manis. Impian yang terwujud satu demi satu membuat saya merasa bahwa kita harus percaya sama diri kita sendiri dan serahkan pada Tuhan untuk mengeluarkan kemurahan hati-Nya dan memberikan yang terbaik sesuai dengan yang kita butuhkan di dunia ini.

Related Posts

Sekarang Semua Orang Bisa Menjadi Penulis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.