4 Oktober 2013

Rokok Daun Nipah


Rokok daun nipah adalah satu di antara banyak jenis rokok di dunia ini yang saya kenal. Bahkan lazim bagi kami, saat anak-anak untuk merokok dengan daun ini selama tidak ditambahkan tembakau di dalam daun tersebut. Jadi kami hanya merokok menggunakan daun yang disulut dengan bara apa dari tungku ibu-ibu yang sedang sibuk memasak untuk kenduri. Rokok daun nipah bukan jenis rokok yang dikonsumsi banyak orang. Biasanya nenek-nenek tua yang suka makan sirih dan nyugi.

Jadi ingat masa-msa suka merokok dengan daun ini. Daun nipah sendiri yang digunakan buat rokok itu sudah dikeringkan dan harganya murah sekali di pasaran. Dengan uang 1.000 perak dulu bisa mendapatkan seikat daun ini yang sudah dipotong seukuran batangan rokok pada umumnya.

Daun nipah yang buat rokok ini memang digunakan untuk mengganti kertas rokok yang bisa juga untuk merokok dengan tembakau. Tembakau yang digunakan juga ada beberapa jenis. Waktu masih bekerja di Toko Sudi Mampir di kampung saya, ada dua jenis tembakau yang kami sediakan. Tembakau timbang dan tembakau tepek (baca: tepe'). Tembakau timbang ini seperti tembakau curah. Bisa beli seberat yang kita inginkan. Sedangkan tembakau tepek adalah tembakau yang sudah ada ukurannya. Dicetak pipih dan memanjang. Betepek-tepek istilah Jawai-nya.

Anak-anak diizinkan menggunakan daun nipah untuk merokok memang karena daunnya cepat terbakar habis kalau tak ada tembakau di dalamnya. Melihat nenek-nenek yang hobi merokok dengan daun nipah juga lucu sekali. Karena rokoknya akan kurus-kurus. Supaya irit biasanya nenek-nenek ini akan menggunakan sedikit saja tembakau untuk rokoknya.


Kamu pernah merokok dengan daun nipah kering?

@honeylizious

Followers