1 Oktober 2013

Pusok Kacang


Pusok adalah sebutan untuk ikan teri. Pusok itu digunakan dalam bahasa sambas dan sekitarnya untuk menyebut ikan teri baik yang halus maupun yang agak besar. Tetapi khusus untuk ikan teri yang lebar disebut pusok laki. Entah mengapa disebut demikian padahal siapa yang tahu jenis kelamin sang ikan teri?

Ikan teri atau pusok lazimnya digoreng setelah dibelah-belah. Biasanya digunakan sebagai tambahan pada bubur atau sop. Bahkan bubur paddas, bubur yang mirip dengan bubur manado juga menggunakan tambahan ikan teri saat disajikan.

Pusok punya pasangan yang merupakan cinta sejatinya sejak lama. Di Kalimantan Barat, biasanya pusok disajikan dengan kacang. Kacang yang dimaksud tentu saja kacang tanah yang sudah digoreng. Makanya ada orang cukup menyebut pusok kacang orang lain sudah tahu apa yang dimaksud orang tersebut. Pusok kacang berarti ikan teri dan kacang tanah. Di dalam toples-toples penjual bubur pusok kacang selalu ada. Siap diraup untuk ditaburkan ke semangkuk bubur yang mengepul uap panasnya.


Kalau tidak disajikan dengan bubur biasanya pusok kacang dibuat sambal kering. Mirip dengan sambal balado. Uwan saya di rumah sering membuat pusok kacang sambal. Dulunya juga sering dapat kiriman pusok kacang dari kampung. Ini lauk saat paceklik. Karena kalau sudah bulan tua, uang kiriman dari kampung menipis. Tak ada lauk di rumah. Setoples pusok kacang sambal bisa menjadi teman makan nasi yang lezat. Disajikan dengan sepiring nasi hangat. Nyomnyomnyom…

@honeylizious

Followers