23 Oktober 2013

#PTK242


Selamat ulang tahun yang ke-242 untuk Kota Pontianak yang sekarang menjadi pelabuhan saya selama beberapa tahun. Sejak usia 19 tahun saya sudah berada di sini. Pertama kali menjadi penduduknya saat saya memutuskan untuk kuliah di Universitas Tanjungpura. Masuk ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bahasa Indonesia. Jurusan yang selama ini saya idamkan seumur hidup saya. Bahasa Indonesia memang menjadi satu mata pelajaran yang paling menyenangkan saat saya duduk di bangku sekolah dulu. Bahkan hingga kuliah pun saya tetap selalu menyukainya. Menyenangkan bisa mempelajarinya lebih dalam dan menjadi orang yang lebih peka terhadap kesalahan penggunaan bahasa di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Walaupun saya tak akan mengatakan bahwa diri saya adalah seorang ahli bahasa tetapi saya sudah mengetahui banyak hal yang selama ini tidak saya ketahui.

Pontianak menjadi tempat saya berkembang menjadi seorang perempuan dewasa, perempuan yang sekarang menuliskan hal ini di blognya. Seorang perempuan yang berhasil berdiri di kedua kakinya sendiri setelah sekian lama berjuang di Pontianak sendirian. Bekerja serabutan, berdagang apa saja. Sebut saja hal yang tak pernah saya lewati di Pontianak ini. Banyak kenangan yang tertinggal dan juga cinta termasuk patah hati di dalamnya. Tapi saya tetap bangga menjadi bagian dari kota yang namanya diabadikan dari nama jenis hantu.

Siapa yang tidak tahu tentang hantu perempuan yang berkeliaran dan suka tertawa itu. Kuntilanak. Di Pontianak, kuntilanak disebut 'pontianak'. Banyak yang menggunakan bahasa Melayu pasti ngeri mendengar nama Kota Pontianak. Sebab namanya berasal dari nama hantu tersebut. Menurut cerita dari mulut ke mulut yang saya dengar sih, dulunya sultan berhasil mengusir semua hantu kuntilanak tersebut yang menguasai daerah Pontianak ini. Sehingga tempat ini terbebas dari gangguan hantu-hantu yang berkeliaran dan sultan pun membangun kerajaannya di sini.

Tahun 1771 tepatnya Kota Pontianak ini lahir. Tanggal 23 Oktober. Hari ini usianya genap menjadi 242 tahun. Usia yang lumayan tua untuk sebuah kota bukan? Banyak warga yang merayakannya dan bergembira pada hari ini. Saya hanya bisa menuliskan sebuah postingan untuk menunjukkan bahwa saya ikut merayakannya dan tentu saja gembira dengan pertambahan usianya. Hanya bisa mendoakan Kota Pontianak semakin dicintai masyarakatnya sehingga semuanya menjaganya dari segala polusi, sampah, dan tidak melanggar aturan yang sudah dibuat negara.


Jaya Kota Pontianak, Kota Paling Bersinar.

@honeylizious

Followers