4 Oktober 2013

Pokok Telok



Pokok Telok alias Pohon Telur, ada beberapa tempat yang menyebutnya bunga telur. Ini karena memang pokok telok ini ada bunganya. Jadinya banyak yang menyebutnya demikian. Pokok telok ini adalah hiasan termasuk makanan yang selalu ada di dalam pesta pernikahan. Terutama pernikahan Melayu. Bunganya pun bermacam-macam. Ada yang dari kristal ada pula kertas. Bergantung kemampuan ekonomi masing-masing. Karena tak semua orang bisa membuat pokok telok sehingga banyak yang meminta orang lain membuatkannya. Jumlahnya puluhan untuk satu rangkaian pokok telok.

Di Kabupaten Sambas biasanya pokok telok dipasang ditumpukan nasi ketan manis yang ditutupi dengan kertas aluminium berwarna kuning emas. Ada pula yang membuat pokok telok lebih sederhana. Tidak ada tempat telur dari kawat yang sudah dihiasi sehingga berwarna-warni dengan indahnya. Jadi pokok teloknya dibuat dari lidi yang diberi kertas bunga kemudian telur ayam rebus diberi pewarna luarnya lalu ditusuk hingga menembus ke bagian bawah telur.

Waktu kecil bagian inilah yang paling saya suka. Sehabis menyantap makanan yang disiapkan untuk tamu yang hadir, saya harap-harap cemas apakah nanti Aki pulang dari Tarup akan mendapatkan sebuah telur rebus yang berhias ini. Menjadi kebanggaan sendiri waktu itu bisa membawa pulang telur dari rumah pengantin. Meskipun telurnya tertusuk lidi. Seingat saya lidi yang digunakan bukan lidi dari daun pohon kelapa. Melainkan dari daun nipah karena memang lidinya lebih besar, panjang dan kuat.


Di pesta pernikahan kampung kalian ada apa aja?


@honeylizious

Followers