23 Oktober 2013

Pentingnya Membuat Kerangka Karangan

WeHeartIt

Rasanya sudah lama sekali semenjak terakhir kali saya menggunakan kerangka karangan buat menulis sebuah cerita. Apalagi itu dulunya selalu ada pada saat pelajaran bahasa Indonesia. Biasanya memang setiap guru bahasa Indonesia akan meminta muridnya menulis menggunakan kerangka karangan. Sejak dulu pula saya selalu merasa menulis menjadi sesuatu yang membosankan kalau diharuskan membuat kerangka karangan dulu sebelum menyelesaikannya. Padahal ide bisa datang kapan saja bahkan saat kerangka karangan itu dibuat.

Membuat kerangka karangan rasanya tidak efektif bagi saya. Tetapi sekarang saya mencoba untuk mengingat kembali semua pelajaran bahasa Indonesia yang pernah terlintas di masa sekolah saya dulu. Bagaimana cara guru saya menjelaskan makna sebuah kerangka karangan itu sendiri. Sebenarnya sih memang kalau dipikir-pikir, setelah sekian tahun meninggalkan bangku SMA, baru saya sadar bahwa kerangka karangan itu membuat seorang penulis lebih fokus dan tulisannya tidak menjalar terlalu jauh. Seperti punya peta saat melanglang buana. Kita punya pegangan supaya tidak tersesat. Kita juga bisa mengetahui sudah sejauh mana kita menuliskan karangan tersebut dengan mengintip kerangka karangan.

Hari ini saya mencoba membuat sebuat corat-coret berupa kerangka karangan untuk menyelesaikan sebuah novel dalam waktu sesingkat mungkin. Kalau memungkinkan saya ingin menyelesaikannya dalam waktu seminggu saja. Itu kalau mungkin walaupun tidak mustahil untuk dilakukan dan saat kita yakin kita bisa, semua hal menjadi hal yang biasa saja untuk dilakukan. Hingga sekarang memang belum pernah menuliskan novel dalam waktu sesingkat itu. Katakanlah tanpa editan sekalipun. Tetap saja saya butuh setidaknya dua minggu untuk menyelesaikan sebuah novel. Tanpa gangguan sama sekali.


Sekarang, sangat sibuk, menjelang hari-hari menuju hari besar tersebut. Masih sempat untuk menyelesaikan tantangan di blog sendiri walaupun rasanya sudah beberapa kali keteteran. Tapi saya harus yakin karena saya tak punya pilihan lain. Saya tak suka saya kalah dengan diri saya sendiri. Diri yang sudah membuat tantangan di blog ini untuk diselesaikan. Tak ada hadiah memang tapi akan sangat menyenangkan bisa menyelesaikannya hingga 31 Desember 2013 nanti. Saya boleh bangga pada diri sendiri karena mengalahkan semua tantangan yang sudah saya buat. Doakan saya memang akan menyelesaikannya ya!

Related Posts

Pentingnya Membuat Kerangka Karangan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.