25 Oktober 2013

Pemotret Hujan


Setiap kali hujan turun yang membuat Pontianak menjadi lebih dingin dan saya menggigil pastinya saya selalu senang menjepret hujan yang turun. Jalanan yang basah. Awan yang menggumpal di langit. Sungai yang riaknya semakin banyak. Lalu orang-orang yang kuyup. Banyak hal yang kemudian menjadi lebih menarik di bawah rintik hujan yang semakin lama semakin deras.

Sebut saya seorang pemotret hujan. Karena hujan yang dingin membuat saya merasa banyak sekali yang terlihat lebih indah. Meskipun lebih dingin dibandingkan biasanya. Memang menyenangkan bisa melihat langit yang seakan-akan bisa runtuh ke bumi. Bahkan awan membentuk berbagai hal di atas sana, membuat semua yang memperhatikan menjadi lebih terpesona.

Setiap kali hujan turun rasanya memang menyenangkan. Itu kalau saya sedang tidak terburu-buru akan mendatangi sebuah tempat. Jika saya bisa berada di dekat jendela. Menyaksikan hujan yang turun ke bumi. Membawa kabar dari atas sana. Bahwa rezeki sudah disebar ke seisi dunia yang dibasahinya. Air. Setiap air yang turun itu berarti berkah. Tak dapat kita bayangkan jika di dunia ini tak ada air lagi. Apa yang akan kita minum?

Pepatah lama yang mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan akan selalu abadi. Karena memang kita tak bisa hidup tanpa air. Kita bisa hidup tanpa internet. Tanpa listrik. Bahkan tanpa makanan. Namun jangan minta kita hidup tanpa air. Jangankan manusia. Hewan dan tumbuhan juga akan mati tanpanya. Itu sebabnya saya selalu merasa hujan yang turun itu membahagiakan. Ada kabar baik di sana. Kabar baik yang mengatakan bahwa masih ada kehidupan untuk kita.

Itu sebabnya saya selalu ingin mengabadikan wajah hujan yang menyentuh bumi. Termasuk awan yang menggumpal. Beterbangan ke mana-mana. Apalagi kadang hujan punya selera humor yang tinggi. Dia bisa membasahi Jalan A. Yani di satu jalur saja dan jalur lainnya kering kerontang. Orang-orang akan menertawakan orang yang kebasahan di jalur yang berlawanan arah dengannya.


Hujan, panggil aku pemotret hujan.

@honeylizious

Followers