3 Oktober 2013

Nuggal


Nuggal ini bahasa Sambas yang berasal dari kata dasar Tuggal. Tuggal sendiri alat yang digunakan untuk membuat lubang di sawah yang akan digunakan untuk pembibitan padi. Lubang-lubang tersebut akan diisi dengan benih padi yang sudah dipilih dengan baik oleh sang petani. Nuggal adalah kata kerja dari kata dasar benda tuggal tersebut. Jadi nuggal dapat diartikan sebagai kegiatan membuat lubang untuk benih padi.

Bentuk tuggal itu adalah sebuah kayu panjang yang ujungnya dibentuk agak kecil dan meruncing sehingga bisa membuat lubang di tanah persawahan yang ingin ditanami padi. Proses membuat bibit tumbuh ini diawali dengan proses penanaman benih yang masih berbentuk padi.


Dulu saya sering ikut Aki nuggal di sawahnya. Saya menaburkan benih ke dalam lubang pembibitan. Entah cara penjelasan saya ini bisa diterima atau tidak untuk yang belum pernah melakukan kegiatan menyawah seperti ini. Tapi satu hal yang jelas. Di sawah itu saya menemukan tempat untuk berpetualang. Bermain air di kubangan-kubangan yang menjadi saksi kaki-kaki Aki yang kotor dicuci hingga bersih. Kubangan ini airnya tidak kotor karena memang di kawasan persawahan Aki tak ada peternakan hewan yang butuh mandi seperti sapi dan kambing.

@honeylizious

Followers