4 Oktober 2013

Miskinkan dan Potong Jari Akil Mochtar?


Siapa sih warga Kalimantan Barat yang tak kenal dengan Akil Mochtar? Jauh sebelum Akil Mochtar ini sempat membuat Kalimantan Barat bangga, karena beliau menjadi Ketua MK walaupun pada akhirnya sempat tertangkap tangan menerima suap, saya sendiri lebih hapal dengan wakil presiden Indonesia yang ke-9. Ingat nama Hamzah Haz? Wuih waktu itu saya masih di kampung dan masih tak hal tentang siapa saja pejabat negara ini kecuali presiden dan wakilnya.

Entah mengapa wakil presiden banyak yang lebih bersinar dibandingkan presidennya sendiri. Di mata saya sih. Saya lebih suka wakilnya presiden kita, Tri Sutrisno, terus suka Pak Habibie juga, sempat suka banget juga sama Jusuf Kalla. Tapi dibanding mereka semua Hamzah Haz yang paling memberikan kebanggaan tersendiri. Seorang warga Kalimantan Barat jadi wakil presiden negara. Apa tak bangga?

Akil Mochtar ini saya kenal sejak saya di Pontianak dan sebenarnya masih kenalan dosen saya yang akhirnya sekarang juga jadi pejabat. Rekam jejaknya saya tidak begitu mengikuti karena saya lebih suka mengikuti jejak dosen saya yang sekarang masih menjadi pejabat instansi negara yang tak akan saya sebutkan namanya.

Tetapi sebenarnya yang saya tahu dari Akil Mochtar ini, tanpa suap pun dia sudah memiliki harta lebih dari cukup untuk kehidupannya. Dia punya banyak ikan arwana di Kapuas Hulu sana. Banyak warga Kapuas Hulu yang memang membuka usaha memelihara ikan ini dan mendulang banyak rupiah. Karena memang minat pada ikan ini masih banyak dan bahkan sudah menembus pasar dunia.

Satu hal yang lucu saat sebelum dirinya ditangkap terkait kasus suap ini, dia pernah mengatakan bahwa koruptor seharusnya dimiskinkan dan dipotong jarinya. Saya setuju sekali dengan apa yang dia katakan. Koruptor ketakutannya adalah kemiskinan. Dengan memberikan kemiskinan pada mereka ini akan menjadi pelajaran penting buat orang yang ingin menjadi pelaku berikutnya.


Ah, Akil Mochtar, seandainya tidak ada kasus ini, dirimu akan menjadi orang Kalimantan Barat berikutnya yang membuat kami bangga.

@honeylizious

Followers