6 Oktober 2013

Menulislah dengan Bebas


Sepertinya saya sudah pernah menuliskan tentang ini. Tapi saya lupa kapan tepatnya. Mau mencari tulisan itu malas sekali. Padahal tinggal ketik sedikit kata-kata maka tautan menuju tulisan tersebut akan muncul dalam hitungan detik.

Ada yang bertanya bagaimana caranya menemukan ide-ide untuk tulisan baru. Sebenarnya banyak kok tulisan yang sebenarnya berasal dari ide lama di blog ini. Mendaur ulang ide sendiri tentunya sesuatu yang jauh lebih mudah dibandingkan mengambil ide orang lain. Tak selamanya tulisan kita mengenai sesuatu benar adanya. Barangkali ada fakta yang berubah beberapa waktu kemudian sehingga tulisan tersebut harus kita revisi.

Merevisi tulisan bukan berarti kita mengedit tulisan lama dan mengubahnya. Bukankah lebih baik membuat tulisan baru dan mengatakan bahwa ada perubahan dalam tulisan lama yang sebelumnya sudah diterbitkan.

Kalau memang ingin menemukan ide untuk tulisan berikutnya sebenarnya kita harus melepaskan rasa takut untuk menulis. Jangan terlalu berat berpikir mengenai bagaimana komentar orang mengenai tulisan tersebut. Menulislah dengan bebas. Dengan berani. Seperti anak kecil yang belajar bicara. Ada yang cadel dan salah mengucapkan kata-kata tapi dia tetap saja bicara. Tak peduli dengan omongan orang di sekitarnya. Karena memang dia memang belum mengerti. Jadilah penulisyang tuli. Jangan dengarkan ocehan orang. Menulis saja.


Menulislah sekarang.

@honeylizious

Followers