16 Oktober 2013

Menulis Itu Sulit, Ah yang Bener?


Rata-rata orang yang menolak untuk menulis baik di blog ataupun membuat karya dalam bentuk tulisan alasannya seragam. Paling banyak mengatakan karena mereka beranggapan menulis itu sulit. Coba deh kita lihat orang yang bisa melakukan hal yang tak semua orang bisa melakukannya, apakah mereka titisan dewa? Apakah mereka makan sesuatu yang berbeda dengan kita? Kita ambil contoh umum saja. Semua orang di Indonesia ini makan nasi dan minum air. Belum ada yang makan batu lalu bisa menjadi penulis hebat.

Tak ada pula penulis yang langsung hebat dalam waktu satu malam. Tak ada jembatan yang dibangun dalam waktu satu malam. Katakanlah kamu bertemu dengan penulis yang hebat dan terkenal pada usianya yang masih sangat belia. Kita hanya bisa berdecak kagum padanya lalu mengatakan 'hebat sekali anak itu, kalau saya belum tentu bisa'. Bahkan banyak penulis hebat yang tidak memiliki fisik yang sempurna. Seperti Gol A Gong yang hanya memiliki satu tangan dan ternyata masih tetap bisa melahirkan banyak karya.

Menulis itu sulit? Ah yang bener dong. Tak dapat saya bayangkan kalau anak umur 1 tahun menolak untuk berjalan karena beranggapan berjalan itu sulit. Penyebabnya karena dia selalu jatuh ketika mencoba. Jatuh berapa kali pun dia tetap akan bangkit lagi dan mencoba untuk melangkahkan kakinya yang mungil itu. Menapaki lantai dan lama-lama dia tak lagi berjalan. Melainkan mencoba untuk berlari. Jatuh dan lutut berdarah tak menghalanginya. Apa bedanya menulis dengan berjalan? Semuanya butuh proses dan pembelajaran. Ada orang yang 'hebat' dalam pikiran kita padahal dia hanya berlatih lebih awal. Mencoba lebih banyak dari kita. Belajar dengan tekun. Terus menulis tanpa ada kata berhenti.

Selama kita mau mengikuti prosesnya. Mau mencoba. Bisa meluangkan waktu untuk belajar. Tak ada yang sulit di dunia ini. Manusia saja bisa membuat pesawat terbang bukan? Apalagi ketika diminta membuat sebuah tulisan. Apalagi tulisan membuat kita terus abadi. Ketika raga kita sudah tak mampu bercerita. Tulisan akan menggantikan kita selama ada yang membacanya.

Menulis itu sulit kalau belum dicoba.

@honeylizious

Followers