3 Oktober 2013

Menemukan Ide Lain Saat Menulis


Sebenarnya untuk mendapatkan banyak ide buat diposting di blog adalah hal yang sangat mudah saat kita bisa menuliskan satu ide saja. Karena saya paling sering menemukan banyak ide lain saat menulis. Kalau sudah seperti itu biasanya saya akan menuliskan tema atau judul postingan lain tersebut dan melanjutkan tulisan sebelumnya. Biasanya sih ide tulisan yang muncul tersebut ada kaitannya dengan tulisan yang sedang dikerjakan sehingga lebih jelas lagi isinya. Biasanya postingan terkait tersebut tujuannya untuk memperjelas postingan yang pertama.

Bisa jadi ide berikutnya itu lebih baik diposting sebelum ide yang membuat kita menemukan ide tersebut. Saya tidak menuliskan ide yang berbeda tersebut dalam postingan sebenarnya untuk menghindari tulisan yang terlalu panjang. Kasihan juga pembaca harus membaca satu postingan yang sangat panjang tanpa jeda. Lagipula belum tentu tulisan tersebut akan dibaca sampai selesai apabila terlalu panjang. Bukan rahasia lagi kalau banyak pembaca yang menghindari tulisan yang terlampau panjang.

300-500 kata sudah cukuplah untuk sebuah tulisan. Beda cerita kalau memang kita bisa menuliskan postingan yang panjang dan enak untuk dibaca sampai selesai.

Ide-ide lain yang muncul saat sedang menulis ini sangat membantu saya untuk menambah postingan. Sebab keadaan kadang membuat kita kehilangan arah untuk menuliskan ide-ide baru sebanyak mungkin.


Apa ide yang muncul setelah membaca tulisan ini?

@honeylizious

Followers