22 Oktober 2013

Membuat Judul


Menemukan banyak ide dalam satu hari sebenarnya bukan hal yang benar-benar mudah. Ada kalanya memang bisa dilakukan. Atau setidaknya saya bisa menemukan satu topik yang bisa dibuat menjadi tulisan sangat panjang. Berseri sampai berseason. Tetapi tak setiap hari sebuah topik panjang seperti itu akan muncul. Ada kalanya saya hanya tercenung di depan komputer dan blank. Karena rasanya sudah memeras otak sedemikian lamanya setiap hari dan semua ide sudah terperas. Habis tak bersisa. Walaupun saya tahu pada akhirnya nanti akan ada ide-ide baru lagi yang bisa dituliskan.

Satu hal yang bisa membuat saya tetap menemukan banyak ide untuk dituliskan adalah dengan menemukan banyak judul dulu. Saya membuat beberapa judul dan mulai mengembangkannya dalam bentuk kalimat, paragraf dan akhirnya berkembang menjadi satu postingan. Selalu seperti itu dan terasa sangat mudah menyelesaikannya. Sebab kita sudah mendapatkan judul-judul yang ingin kita jadikan tulisan. Menemukannya juga bukanlah perkara yang rumit. Saya biasanya akan membaca sedikit tulisan pendek. Entah itu sesuatu yang lucu, sesuatu yang memotivasi, atau sesuatu yang membuat saya berpikir saya juga bisa menuliskan sesuatu yang jauh lebih baik dari ini.

Malam ini saat saya benar-benar rasanya sudah tak punya ide lagi, saya pada akhirnya menemukan 6 ide tulisan untuk menggenapkan tulisan di blog ini pada tanggal hari ini menjadi 10. sebenarnya saya malah menemukan ide ketujuh, judul ketujuh. Yaitu judul tulisan ini yang malah saya selesaikan lebih dulu dibandingkan judul-judul lainnya. Suasana yang sedikit berbeda di rumah camer. Tapi tak mengapa, selama saya bisa menyelesaikan tulisan dengan tenang, di sini pun tak mengapa.

Persiapan pernikahan memang mengharuskan saya datang ke sini berkali-kali.


Kalau teman-teman memang kesulitan menemukan banyak ide sekaligus tak ada salahnya membuat beberapa judul kosong lalu memilih yang paling mudah untuk diselesaikan. Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers