1 Oktober 2013

Membuat Air Tahu 1 Jam Juga Jadi


Suka minum air tahu? Tetapi tidak pernah mencoba untuk membuatnya di rumah? Sebenarnya membuat makanan atau minuman yang diinginkan di rumah sendiri akan jauh lebih terjamin kualitasnya. Membuatnya juga tak butuh waktu yang lama. Cukup satu jam kalau memang sudah menyiapkan kacang kedelai yang sudah direndam paling tidak 5 jam jika menggunakan air dingin. Ingin lebih cepat proses merendam kacangnya? Gunakan air hangat dan rendam kacang kedelai 1 jam saja.

 

Setelah direndam blender kacang hingga halus dengan tambahan air baru. Jadi air rendaman dibuang saja. Airnya tak perlu banyak untuk memblender kacang sebab untuk membuat susu kedelai keluar dari kacangnya yang dibutuhkan adalah air panas yang baru mendidih. Kacang yang sudah diblender halus siram dengan air yang baru mendidih lalu disaring dan peras ampasnya. Lakukan berulang hingga air perasannya tak lagi berwarna putih susu.

Kemarin saya membuat sepanci besar air tahu dan hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikannya dari proses blender hingga memeras air susu kedelainya. Setelah air susu tersaring bisa dimasak lagi hingga mendidih dengan tambahan daun pandan. Tambahkan gula ketika akan menikmatinya.

@honeylizious

Followers