12 Oktober 2013

Main Guli

foto oleh Suparman

Selain dua permainan yang sudah saya sebutkan di atas. Saya juga punya satu permainan lagi yang merupakan permainan yang sangat ngetrend pada masa kecil saya. Main guli alias main gundu. Walaupun sebenarnya saya sendiri selalu kalah kalau ditantang untuk bermain guli dengan cara yang seperti ini. Saya hanya bisa menang main guli kalau mainnya tidak melibatkan keterampilan menembakkan guli dengan jari atau melempar guli untuk mengenai guli yang lain.

Satu permainan guli yang membuat saya sukses memenangkan permainan adalah main tebak-tebakan. Paling suka main tebak-tebakannya dengan laki-laki karena biasanya laki-laki kesulitan menentukan isi guli yang saya masukkan dalam tangan saya. Jadi cara mainnya sangat mudah. Masing-masing pemain, pemain yang mengikuti tidak dibatasi, akan menyimpan guli di dalam tangannya. Nah setiap pemain akan diminta untuk menebak jumlah keseluruhan guli yang ada di dalam tangan semua pemain. Siapa yang bisa menebak dengan tepat akan memenangkan semua guli yang disimpan di dalam tangan pemain.

Jadi kemampuan menghitung dan menebak saja yang dibutuhkan. Saya ingat untuk main guli ini kami menggunakan guli yang lebih kecil ukurannya dibandingkan yang pada umumnya dimainkan di tanah. Kami menggunakan guli ukuran paling kecil supaya tangan kami bisa menampung belasan bahkan puluhan guli.


Kalau kami suka main guli tidak?

@honeylizious

Followers