18 Oktober 2013

LAZ TPU Al Mumtaz Pontianak, Uncare, Untrust, and Unprofessional (5)




Jangan pernah berani berjanji jika tak akan menepati. Lembaga yang tak bisa menepati janjinya sendiri tentu saja uncare dengan orang yang memberikan kepercayaan penuh terhadap lembaga tersebut. Ini juga menunjukkan saya sendiri tak bisa mempercayai (untrust) lembaga tersebut untuk kedepannya. Lembaga yang seperti ini menurut saya jadinya ya kurang profesional (unprofessional)dalam bekerja.

Seandainya sejak awal petugas tak memberikan janji apa-apa dan mengatakan bahwa mereka akan mengurus semuanya dan masalah bagian akan disesuaikan seberapa dapatnya saja. Tentu saya tidak akan kecewa. Bahkan tak mendapatkan bagian pun bukan soal lagi buat saya. Sebab saya sudah merelakan semua daging sapi itu untuk orang yang jauh lebih membutuhkan saja. Tak setiap hari banyak orang di dunia ini bisa makan daging yang sama pada saat yang bersamaan pula. Itu adalah kebahagiaan yang tak ternilai harganya buat saya yang dulunya juga pernah hidup susah. Pernah mengalami bagaimana rasanya lapar dan dahaga.

Melihat orang-orang di sekitar bisa makan apa saja yang mereka suka. Saya pernah berada pada posisi mereka. Apalagi yang lebih menyenangkan jika bisa membuat daging yang saya beli dengan keringat saya sendiri untuk berada di dalam mulut mereka? Idul Adha adalah lebaran yang sangat indah ketika kita bisa memberikan apa yang kita punya buat banyak orang.

Uang yang sebelumnya saya persiapkan untuk mengganti smartphone saya saya berikan pada lembaga yang saya percaya. Harta yang sangat berharga. Semuanya menjadi hal yang tak menyenangkan saat mengingat bagaimana perlakukan mereka terhadap seorang perempuan yang baru saja berkurban untuk pertama kali di dalam hidupnya. Saya tak melihat darah hewan kurban saya mengucur deras membasahi bumi. Saya juga tak melihat wajah-wajah bahagia orang yang menerima hewan kurban itu. Saya kecewa. Sangat kecewa karena sebelumnya dijanjikan untuk ikut berada di sana.

Mengapa tak sejak awal katakan saja bahwa saya mungkin tak bisa menghadiri proses penyembelihan dan pembagian hewan kurban tersebut? Ah janji yang diingkari memang tak akan ada habisnya untuk dibahas. Tapi tentu saja saya tak akan ragu untuk berkurban lagi demi agama dan Tuhan saya. Tetapi saya tentu meragukan lembaga-lembaga yang tidak peduli, tidak bisa dipercaya, dan tidak profesional dalam bekerja.


Sekian tulisan panjang ini yang akhirnya menjadi 5 bagian. Padahal sebelumnya saya pikir hanya akan menjadi tiga tulisan saja.

@honeylizious

Followers