29 Oktober 2013

Kartu Pos Sudah Punah di Pontianak


Ah ternyata saya tidak menemukan satu kartu pos pun yang bisa dikirimkan buat teman-teman yang suka mengoleksi kartu pos. Untungnya saya membuat desain undangan pernikahan yang berbentuk kartu pos. Sehingga ini bisa menjadi pengganti buat teman-teman yang memang ingin memiliki kartu pos dari Pontianak. Walaupun ini bukan kartu pos yang sebenarnya. Namun tetap saja ini bisa menjadi pilihan bagi teman-teman yang ingin mendapatkan kartu pos dari Kalimantan Barat.

Saat saya menanyakan tentang kartu pos di sebuah toko buku yang ternama di Pontianak saja saya mendapatkan tatapan yang aneh. Seakan-akan mereka ingin mengatakan: 'What? Hari gini masih nyari kartu pos?'. Anggap saja saya kampungan dan norak. Tak mengapa. Sebab bagi saya penting menemukan kartu pos buat teman-teman saya. Sayangnya memang kartu pos dari Pontianak, Kalimantan Barat sudah tak ada.

Padahal kantor pos masih berdiri dengan gagahnya. Walaupun fungsinya sudah mulai beralih. Tidak hanya tempat mengirimkan surat sebab orang sudah jarang sekali berkomunikasi dengan surat. Tak ada lagi kita dengar tren sahabat pena atau mengoleksi prangko. Padahal dulunya banyak orang yang dengan bangga memamerkan surat yang dia dapatkan dari pulau yang lain. Mengumpulkan prangko dengan corak yang berbeda juga seakan-akan menjadi sisi prestasi yang lain.

Sekarang kebanyakan orang datang ke kantor pos untuk membayar tagihan kredit, tagihan telpon, tagihan listrik, dan tagihan air. Walaupun tetap ada yang mengirimkan paket atau surat melalui pos. Itu pastinya sesuatu yang memang tak ada pilihan lain. Harus menggunakan kantor pos.

Sepertinya ini bisa menjadi lahan usaha yang baru. Membuat desain kartu pos yang unik yang menggambarkan Pontianak atau Kalimantan Barat. Di Kalimantan Barat kan banyak sekali kabupatennya. Tiap kabupaten punya tempat wisata masing-masing dan ciri khas yang berbeda antara satu sama lain. Walaupun tak banyak yang akan mencari kartu pos tapi barangkali ada yang bisa membuar kartu pos mulai digunakan oleh banyak orang lagi.

Saya tak tahu apakah di Pontianak ada yang masih bertahan mengoleksi kartu pos. Saya sendiri? Tak pernah sekalipun mengoleksinya. Satu-satunya kartu pos yang saya miliki adalah kartu pos dari Hendra Fu yang berada di Lampung. Sekarang saya hanya bisa membalasnya dengan kartu pos yang tercetak sebagai undangan pernikahan saya.

Sebagai pengganti kartu pos saya hanya bisa menyisipkan hadiah kecil lainnya seperti souvenir pernikahan, gelang, dan gantungan kunci dari Kalimantan Barat. Semoga saja itu bisa menjadi kenangan tersendiri buat teman-teman yang memang suka mengoleksi kartu pos dan tentu saja kartu pos ini akan sangat berbeda dengan semua kartu pos yang mereka koleksi sebelumnya.


Siapa pun warga Pontianak yang membaca ini. Bikin kartu pos yuk. Setidaknya desain online yang bisa dicetak sendiri nantinya. Ah saya ingin sekali sebenarnya mengirimkan kartu pos yang asli. Bukan undangan dalam bentuk kartu pos ini. Ya sudahlah tak boleh mengeluh terlalu panjang. Saya hanya bisa mengatakan bahwa kartu pos di Pontianak sudah punah.

@honeylizious

Followers