29 Oktober 2013

Jodoh Itu Rahasia Allah


Jangan tanya soal pernah tidaknya saya galau masalah yang satu ini. Saya juga pernah menjadi orang yang paling galau sedunia dengan segala macam drama dan kekesalan karena tak kunjung menemukan sang pujaan hati untuk selamanya di dalam mahligai pernikahan. Jangan tanya berapa kali saya menangis dan menanyakan pada Tuhan mengapa tak kunjung pula Dia mempertemukan saya dengan jodoh yang sudah Dia persiapkan sejak lama.

Ada seorang teman. Tahun 2001 dia membuat seorang lelaki jatuh cinta. Laki-laki itu mengejar-ngejarnya dan tentu saja menyatakan perasaannya pada sang perempuan. Perempuan ini memang banyak sekali yang suka. Banyak orang yang ingin menjadi kekasihnya. Dia sahabat saya. Waktu itu dia masih terlalu muda untuk meramalkan masa depan dan memikirkan soal pernikahan. Jadi tentu saja tolak ukur untuk menerima seorang lelaki dalam hidupnya masih standar anak remaja yang ingin dapat kekasih yang bisa dipamerkan keindahannya.

Lelaki yang mencintainya ini pun ditolak. Karena kurang indah. Indah menurut sahabat saya ini adalah si dia harus memiliki kulit yang putih. Kebetulan memang sang lelaki kulitnya hitam. Bisa dikatakan lumayan pekat. Namun sebenarnya menurut saya sendiri, dia lelaki yang cukup manis dan menarik. Sayangnya tak membuat sahabat saya jatuh hati padanya.

Seiring berjalannya waktu, lelaki yang patah hati meneruskan hidupnya. Tetapi tanpa kekasih. Dia sudah terlanjur cinta pada sang perempuan. Lalu sang perempuan berganti-ganti kekasih beberapa kali hingga akhirnya gagal lagi dalam percintaan. Dia dikecewakan oleh lelaki yang dia cintai. Dia galau. Tetapi dia tetap meneruskan kehidupannya. Hingga kuliahnya pun selesai.

Sang lelaki yang dulu pernah ditolak cintanya juga menyelesaikan kuliahnya di Pulau Jawa. Kembali ke kabupaten yang sama dengan sang perempuan. Lalu mendekatinya kembali. Kali ini, sang perempuan sudah lebih dewasa. Dia tak lagi memandang sang lelaki dari warna kulitnya. Dia memikirkan masa depannya. Karena orang tuanya juga melihat kemungkinan masa depan sang lelaki memang lebih cerah dari banyak mantan anak perempuan sulungnya sebelumnya.

Sang lelaki yang beberapa tahun yang lalu ditolak ini diterima dengan hangat oleh kedua orang tuanya. Sang perempuan luluh hatinya. Lalu menikah setahun yang lalu dan sekarang mereka sudah mendapatkan seorang momongan yang lucu.

Begitu pelik rahasia yang Tuhan persiapkan. Belasan tahun yang lalu. Lelaki itu yang ternyata jodohnya pernah ditolak mentah-mentah cintanya oleh sang perempuan. Tetapi memang demikian jalannya. Barangkali kalau dulu sang perempuan menerima cintanya akan banyak sekali hal yang membuat mereka memutuskan hubungan cinta di tengah jalan. Berbeda dengan mereka yang menjalin hubungan di usia dewasa. Memikirkan masa depan bersama. Tak sulit bagi mereka untuk melangsungkan pernikahan. Karena semua aral telah dilalui sejak tahun 2001 lalu.

Jodoh itu rahasia Tuhan. Tapi saya tak pernah menyesali drama yang pernah terjadi. Patah hati yang saya rasakan. Air mata yang jatuh. Sebab semuanya adalah proses bagi saya sendiri untuk menyadari bahwa jodoh saya ini adalah orang yang patut saya syukuri kehadirannya. Dia yang membuat saya luluh lantak jatuh cinta. Semua galau sirna dan saya merasa dia pantas untuk ditunggu selama 27 tahun.


Dia adalah rahasia yang sudah dipersiapkan dengan indahnya. Tuhan membiarkan saya menjutekinya di awal. Tuhan membiarkan saya tak peduli dengannya sejak pertama. Hingga akhirnya Tuhan buat saya jatuh cinta padanya tanpa melihat latar belakangnya sama sekali. Menerima lamarannya dan akan menjadi istrinya untuk selamanya. Selama masih ada usia dikandung badan.

@honeylizious

Followers