27 Oktober 2013

Jangan Malas Belajar


Pernahkah kita bertemu dengan orang yang mau enaknya saja? Ingin tahu sesuatu tapi ingin cara yang instant tidak mau melewati prosesnya. Contohnya untuk menguasai mengenai blog sendiri. Coba tanyakan pada blogger yang sudah karatan. Berapa banyak tutorial yang mereka baca untuk akhirnya menjadi blogger yang memahami sesuai dengan kebutuhan mereka? Berapa banyak penjelasan yang mereka dengar untuk memahami apa yang mereka tidak tahu sama sekali sebelumnya?

Pernah bertemu dengan orang yang mengatakan dia sudah belajar soal ngeblog tapi tidak bisa-bisa. Padahal anak kecil saja belajar berjalan butuh waktu yang lumayan panjang untuk akhirnya dia berlari. Bisakah dia dihari yang sama dengan hari lahirnya melakukan banyak hal? Butuh waktu tahunan untuk dia bisa berbicara panjang lebar dan melakukan hal-hal yang dia butuhkan sendiri.

Saya kadang heran dengan orang yang mengeluh soal tak bisa ngeblog padahal sudah belajar. Saya ragu orang tersebut benar-benar mempelajari yang dia butuhkan untuk keperluan ngeblognya. Sebab saya sendiri belajar ngeblog butuh waktu yang lumayan panjang. Menengok ke belakang saya memulai semuanya saat tahun 2007. Waktu itu saya sama sekali tidak tahu apa itu blog. Bagaimana cara menggunakannya. Bahkan saya tidak tahu cara mengubah templatenya. Saya hanya bisa mengisi tulisan di blog tersebut. Hingga pada akhirnya berhenti ngeblog karena tidak memasukkan gambar ke blog tersebut.

Salahnya saya waktu itu tidak mencari tutorial yang bisa menjelaskan bagaimana caranya memasukkan gambar ke blog hingga beberapa tahun kemudian pertemuan dengan teman-teman di Pesta Blogger membuat saya tertarik kembali buat ngeblog. Akhirnya saya bisa juga memasukkan gambar ke dalam postingan untuk pertama kalinya. Senang tak terkira. Lalu saya pun mulai aktif ngeblog lagi dan menulis banyak artikel setiap hari yang isinya curahatan colongan.

Sebab masih mereka-reka apa yang sebenarnya ingin saya tuju saat ngeblog. Apa yang ingin saya ubah dengan tulisan saya. Waktu itu masih berupa menstabilkan hati dan jiwa yang galau berat karena banyak sekali masalah yang datang hingga bertubi-tubi. Sekarang memang saya lebih fokus untuk mengeluarkan pendapat mengenai sesuatu dan membagikan soal makanan dan wisata di Pontianak.

Setiap harinya saya menemukan hal-hal baru. Belajar hal-hal baru. Semuanya adalah proses yang memang harus dijalani sebab bagi saya blog itu masih banyak menyimpan rahasia yang belum saya gali hingga dasar. Kalau memang banyak orang di luar sana yang ingin bisa ngeblog seperti saya tapi belum menghabiskan waktu 3-4 tahun untuk mempelajari blog bagi saya orang-orang tersebut orang yang malas untuk belajar. Ada orang yang bisa belajar lebih cepat dengan banyak membaca.

Jika niat belajar mantapkan hati, sisihkan waktu 1-2 jam sehari untuk membaca tentang cara ngeblog itu sendiri. Jangan membuat banyak alasan untuk memutihkan sesuatu yang pada akhirnya membuat kita sendiri enggan untuk belajar. Saya tidak yakin ada yang mengatakan dia tak sempat mempelajarinya karena sibuk ini itu. Padahal buka facebook bisa setiap hari. Balas chat juga bisa cepat. Aneh dong kalau malah tak bisa menemukan cara untuk membuat dirinya bisa ngeblog. Bukan menjaga konsistensi ngeblog itu sendiri ya.

Masih kesulitan membagi waktu? Ah saya mengurus pernikahan, jualan, sibuk antar undangan, dan masih mencoba untuk menyelesaikan tantangan di blog ini dan jawabannya ternyata saya bisa melakukannya. Itu semua karena saya merasa saya memang harus melakukan semuanya. Tak ada alasan. Itu saja.


Ah jangan malas belajarlah.

Related Posts

Jangan Malas Belajar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.