2 Oktober 2013

Ini Batik Tidayuku, Mana Batikmu?


Selamat Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober. Hari ini. Sudah mengenakan batik untuk merayakan Hari Batik Nasional? Jangan tanya mengapa hari ini ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional sejak tahun 2009 lalu. Juga jangan kira saya mengenakan Batik Tidayu untuk merayakan Hari Batik Nasional.

Batik bagi saya sendiri adalah jenis pakaian yang bisa dikenakan saat formal dan nonformal. Tak ada masalah jika kita menghadiri sebuah acara dan memutuskan untuk mengenakan batik di sana. Setiap tempat di Indonesia punya corak batiknya sendiri-sendiri. Tentu saja nama batiknya juga beragam. Begitu juga dengan batik yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat.

Mengikuti perkembangan zaman, batik juga mulai berkembang motifnya. Khususnya untuk batik yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat. Batik Tidayu namanya. Saya sendiri tidak tahu sejak kapan batik dengan motif campuran seperti ini dikembangkan. Tetapi yang jelas motif tiga etnisnya sangat menarik dan sangat berbeda dengan motif batik pada umumnya yang kita temukan. Karena lazimnya batik identik dengan motif dari Jawa.

 

Beberapa bulan yang lalu saat saya mengenakan batik ini diacara Asean Blogger Festival Indonesia 2013 di Solo, memang Batik Tidayu yang saya kenakan menjadi satu-satunya batik yang memiliki tiga nuansa etnis di dalamnya. Tidayu, berasal dari potongan suku kata dalam kata Tionghoa, Dayak, dan Melayu. Motifnya menggambarkan kipas dari Tionghoa, tameng dari Dayak, dan bunga pucuk rebung dari Melayu.

Ini Batik Tidayuku, mana batikmu? Akhir kata selamat merayakan Hari Batik Nasional.

@honeylizious

Followers