12 Oktober 2013

Engkek-Engkek

foto oleh Suparman

Permainan ini membutuhkan gambar kotak-kotak yang bisa digambar di tanah menggunakan kayu atau kalau sedang hujan bisa menggunakan kapur untuk menggambar di lantai teras rumah yang bisa digunakan untuk bermain.

Saya merasa sangat beruntung lahir di desa kecil yang tak mengenal permainan digital. Dulunya berinteraksi secara langsung dengan teman-teman tanpa menghadap layar tablet atau komputer selalu menjadi satu hal yang tak akan terlupakan. Butuh banyak teman untuk bermain bersama. Berbe dengan anak-anak sekarang yang bermain game digital sehingga kurang interaksi dengan teman-teman mereka. Mereka merasa lebih betah di dalam rumah atau malah di warnet.

Permainan ini juga membutuhkan kucu'. Kucu' adalah sebuah benda yang dijadikan alat untuk dilemparkan ke dalam kotak-kotak. Lalu untuk mengambilnya harus engkek-engkek. Engkek-engkek artinya melompat dengan satu kaki. Meloncati setiap kotak permainan hingga sampai di bagian kotak yang membolehkan kita menjejakkan kedua kaki di dalamnya. Setiap kotak yang ada kucu'-nya tidak boleh kita jejaki dengan kaki. Sehingga apabila kotak pertama dan kedua ada kucu' lawan main kita, mau tidak mau kita harus langsung meloncat dengan satu kaki ke kotak ketiga.

Selain itu ada istilah tabong. Jadi buat yang sudah menyelesaikan perjalanan kucu'-nya disemua kotak akan diperbolehkan melempar di kotak paling dekat yang belum menjadi tabong lawan mainnya. Tabong ini berfungsi sebagai bonus buat pemiliknya sedangkan buat yang bukan pemilik mau tidak mau tidak boleh menjejakkan kaki di dalam tabong tersebut. Sedangkan pemilik boleh menyimpan dua kakinya sekaligus. Jadi semakin banyak tabong semakin mudah permainannya. Karena semakin sedikit dia berengkek-engkek.

Sebelum menyelesaikan engkek-engkek pemain berkewajiban untuk mengambil kembali kucu'-nya dan membawanya hingga keluar kotak. Kalau satu putaran berhasil dia boleh melemparkan kucu'-nya di kotak berikutnya. Bagi yang jago melempar kucu' dan pandai engkek-engkek bisa jadi dia akan mendapatkan tabong yang banyak dalam waktu singkat. Karena permainan akan digantikan pemain yang lain apabil kucu'­nya melewati kotak yang sudah dibuat ketika dilempar atau dia jatuh saat meloncat.

Setiap pemain yang gagal harus menunggu giliran berikutnya saat pemain lain juga melakukan kegagalan. Sedangkan kucu'-nya akan disimpan di kotak terakhir seharusnya berada. Nah kotak yang sudah ada kucu'-nya tidak boleh diinjak oleh siapa pun.


Ah se,oga ada yang memahami postingan ini.

@honeylizious

Followers