14 Oktober 2013

Daun Kesum dan Daun Kunyit Kuncinya Bubor Paddas


Bubor paddas, makanan khas dari Kabupaten Sambas tetapi lebih dikenal di luar Kalimantan Barat sebagai makanan khas Pontianak. Tak mengapalah, sama saja dengan jeruk Tebas yang terkenal sebagai jeruk Pontianak.

Siapa warga Kalimantan Barat yang tak tahu dengan makanan yang satu ini? Bubor Paddas. Makanan yang sangat menyehatkan karena terdiri dari beragam sayuran dan juga bumbu-bumbu aneka rasa. Termasuk bumbu beras di dalamnya. Tapi ada dua daun yang wajib ada di dalam bubor paddas, berbeda dengan sayuran yang fleksibel kecuali tak boleh tak ada pakis. Selain itu sayurannya bisa digunakan apa saja yang ada. Misalnya kecambah kadang diganti dengan kol. Kacang tanah diganti dengan jagung. Masih banyak lagi sayuran yang diganti dengan sayuran yang lain untuk tetap mempertahankan keanekaragaman sayuran di dalamnya.


Daun kesum dan daun kunyit adalah dua kunci utama di dalam pembuatan bubor paddas karena bubor paddas tanpa daun kesum dan daun kunyit tentunya bukan bubor paddas. Untuk mendapatka daun ini paling banyak memang di Sambas. Di Pontianak sendiri tak  banyak orang yang menyediakan daun ini untuk diperjualbelikan. Sehingga bubor paddas di Pontianak akan sangat berbeda rasanya dengan bubor paddas yang ada di Sambas.

@honeylizious

Followers