31 Oktober 2013

Berinai


Kemarin akhirnya saya berinai juga. Mengingat belasan tahun yang lalu bahkan puluhan tahun yang lalu saat paman saya menikah dengan perempuan yang dicintainya saya tahu benar bagaimana cara mereka berinai. Menggunakan daun inai yang ditumbuk dengan gambir supaya warnanya lebih merah. Semakin banyak gambir yang digunakan akan semakin merah pula kuku jari pengantin.

Selain ditempelkan di kuku, inai juga akan menutupi kulit di bagian buku jari yang paling atas. Inai ditumbuk malam-malam lalu dikenakan sebelum tidur. Supaya daun inai tumbuk tersebut tidak lepas biasnaya dibungkus dengan kain atau plastik yang menggulung ujung jari. Sekarang tak perlu lagi melakukan hal seperti itu. Sebab sudah banyak inai dalam bentuk pasta yang sangat praktis. Bisa dikenakan kapan pun kita ingin dan tidak butuh 1 jam untuk membuat warnanya menempel pada jari.

Sekarang jemari tangan dan kaki saya sudah merah karena inai. Dulunya saya hanya bisa memikirkan bahwa suatu hari saya akan berinai saat akan menjadi pengantin. Saya yang masih sangat kecil waktu itu. Melihat bagaimana pengantin-pengantin itu diinai. Tidak hanya pengantin perempuan yang berinai. Pengantin pria juga mengenakan inai. Sebagai tanda bagi orang yang melihat bahwa dia baru saja melangsungkan pernikahan.

Waktu kecil dulu saya sering mengenakan inai. Ada yang dibuat dari daun inai dan gambir tapi sering pula membuat inai dari daun pacar. Kalau dari daun pacar warnanya lebih oranye. Memang di kampung mewarnai kuku dengan pacar atau inai sering dilakukan anak-anak. Lalu saling memperhatikan kuku jari teman yang juga mengenakan inai atau pacar. Seiring berjalannya waktu kuku akan memanjang dan warna kuku yang asli akan muncul dan kuku yang memanjang tersebut bagian atasnya akan dipotong. Lama kelamaan bagian yang berinai itu akan menghilang.

Dari banyak inai yang saya kenakan, inai tahun ini yang menghiasi jari saya adalah yang paling bersejarah. Karena ini adalah inai yang wajib saya kenakan sebagai calon pengantin.


Kamu sudah pernah mengenakan inai? Atau pacar?

@honeylizious

Followers