12 Oktober 2013

Bahagia Itu Sederhana


Bagi sesetengah orang nilai kebahagiaan yang harus dia miliki itu sederhana. Sederhana sekali. Kadang-kadang sampai merasa diri ini kurang bersyukur saat melihat banyaknya orang yang bahagia hanya gara-gara hal kecil.

Pagi tadi saya sarapan, akhirnya OCD (Obsesive Corbuzier's Diet) yang sudah dijalankan beberapa minggu terganggu. Sudah berapa pagi yang saya lalui saya isi dengan sarapan. Ya sudahlah, berdoa saja supaya badannya tak terlalu mengembang. Sarapan kali ini begitu berbeda dari biasanya. Saya bertemu dengan seorang perempuan yang tak bisa bicara. Saya tidak tahu apakah memang alat untuk berbicara yang dia miliki tidak bisa berfungsi atau dia memang tak bisa mendengar orang berbicara sehingga yang dia keluarkan adalah bahasa bisunya.

Dulunya orang bisu jarang sekali bisa saya temukan di kampung. Bahkan saking jarangnya, orang bisu di kampung saya punya panggilan khusus, Awak. Akan ditambah dengan 'si' menjadi 'Si Awak'. Alias Si Bisu.

Perempuan bisu yang saya temui tadi pagi secara fisik sebenarnya sempurna. Tak kurang satu apa pun. Dia hanya terlihat sedikit kekanak-kanakkan di tubuhnya yang sudah berubah menjadi perempuan dewasa. Hidungnya yang mancung dan kulitnya yang putih bersih. Iri melihatnya. Pagi itu dia sarapan di meja sebelah kami. Memesan semangkuk bubur. Dia juga meminta tambahan kerupuk lagi di mangkuk buburnya. Ketika tukang bubur memberikan kerupuk tambahan, dia tertawa dengan gembira. Tanpa beban.

Ayahnya duduk di sebelahnya menemaninya dengan setia. Anak perempuan secantik itu memang sebaiknya tidak dibiarkan berkeliaran sendiri. Saya tidak tahu sindrom apa yang dideritanya. Selain dia bisu dan menggunakan bahasa isyarat dan lenguhan dari bibirnya, dia hanya sedikit kekanak-kanakkan. Dia terlihat sangat polos dan lucu. Dia memperhatikan setiap orang dengan seksama.


Bahagia untuknya pagi itu adalah bisa mendapatkan tambahan kerupuk untuk buburnya. Sangat sederhana. Kita yang jauh lebih dewasa secara pikiran semestinya bisa mensyukuri lebih banyak hal yang kita punya. Saya malu melihat senyuman senangnya tadi pagi.

@honeylizious

Followers