28 Oktober 2013

Aku dan OPPO N1: Oppotographer



Pertama kali melihat OPPO saya merasa itulah smartphone yang akan menjadi smartphone impian sepanjang masa. Saya bahkan sudah mempersiapkan tabungan untuk mendapatkan satu di antaranya, setidaknya yang paling terjangkau di kantong. Sebab harganya memang tidak main-main. Sama dengan kualitas yang ditawarkan smartphone tersebut.

Cinta pada pandangan pertama itu yang tak akan pernah saya lupakan adalah ketika saya melihat iklannya. Sederhana tetapi memikat. Ada seorang lelaki dan perempuan yang berada di sebuah tempat yang sepertinya sebuah hutan. Lalu mereka mengundang kunang-kunang dengan berbekalkan sebuah smartphone.

Kalau sebuah smartphone bisa menipu pandangan mata hewan tentunya benar-benar smart, pikir saya waktu itu dan saya mulai mengingatnya. OPPO. Berkali-kali iklan itu lewat dan saya akan memperhatikannya dengan seksama.

Jika menilik ke belakang sebenarnya OPPO sendiri bukanlah perusahaan yang mengawali kariernya dibidang smartphone. Setelah mengintip Wikipedia saya menemukan awalnya OPPO itu sebenarnya seperti apa.

OPPO Electronics Corp. is an electronics manufacturer based in Dongguan, Guangdong, China. Its major product lines include MP3 players, portable Media players, LCD-TVs, eBooks, DVD/Blu-ray Disc players and mobile phones.[1] Founded in 2004, the company has registered the Oppo brand name in many parts of the world.[2] Its American division is OPPO Digital, Inc.

Ternyata OPPO perusahaan yang berasal dari negara China, tepatnya di Dongguan, Guangdong, China. Padahal selama ini kita tahu sekali saat orang menyebutnya 'ponsel China'. Identik dengan barang murahan, hanya meniru, lalu kualitasnya rendah. Pada akhirnya selama ini banyak yang memberikan label bahwa 'ponsel China' adalah ponsel bawah. Alias produk abal-abal. Sekali pakai langsung buang.

Namun OPPO membuat kita semua harus berpikir ulang. Produk yang ditawarkan bukan smartphone abal-abal dan dari harganya sudah terlihat sekali mereka tidak takut untuk menembus pasar smartphone highclass. Tentunya akan bersaing dengan banyak smartphone lain yang sudah kuat pondasinya lebih dulu. Tapi melihat kehadiran OPPO yang menawarkan kemudahan untuk penggunanya rasanya menembus pasar dan menguasainya bukan hal rumit. Apalagi banyak orang yang sangat menginginkan smartphone yang satu ini. Termasuk saya.

Satu di antara produk yang sudah masuk pasar Indonesia adalah OPPO N1 yang baru beberapa hari yang lalu diluncurkan.

Seperti yang saya kutip dari Kompas.com berikut ini.

Satu bulan setelah peluncuran globalnya di China, Oppo resmi merilis ponsel pintar terbarunya, N1, di Indonesia, Rabu (16/10/2013). Indonesia adalah negara kedua yang dipilih Oppo sebagai tempat peluncuran produk baru ini.Oppo tampak sangat serius dalam mengembangkan N1 ini. Perusahaan asal China ini mampu menyematkan berbagai fitur menarik dalam perangkat N1.

Beberapa contoh, ponsel ini dilengkapi dengan chip imaging hasil pengembangan antara Oppo dengan Fujitsu.Selain itu, lensa dari kamera ini terdiri dari 6 bagian, membuatnya menjadi ponsel Android pertama dengan fitur semacam ini. ‎Lensa tersebut dinamakan N-Lens."N1 merupakan produk pertama kami yang menggunakan N-Lens. Ini merupakan langkah awal untuk seri lensa N yang akan berkelanjutan ke ponsel seri N berikutnya," ujar Effendy, Assistant CEO, PT Indonesia Oppo Electronics.

Keunikan lainnya, kameranya dapat diputar hingga 206 derajat. Dengan sudut seperti itu, kameranya bisa diputar ke belakang dan ke depan sekaligus. Dengan fitur ini, Oppo tidak perlu repot-repot menyediakan dua kamera."Biasanya, jika sebuah perangkat terus diputar, maka perangkat ini akan mudah rusak. Namun, kami sudah menguji kamera tersebut hingga 100.000 kali dan kamera masih dapat berfungsi dengan baik," ujar Effendy.Oppo mempersenjatai bagian panel belakang dengan semacam touchpad yang dinamakan O-touch.

Touchpad ini dapat mengenali sentuhan dan gesture yang dilakukan oleh jari pengguna. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengoperasikan perangkat langsung melalui bagian belakang.Produk ini dile‎ngkapi dengan layar IPS berukuran 5,9 inci yang mendukung resolusi Full HD 1080P. Tingkat kerapatannya adalah 377 pixel per inci.Spesifikasi hardware Oppo N1 cukup gahar. Ia dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 600 quad-core 1,7 GHZ dari Qualcomm, GPU Adreno 320, RAM 2 GB, dan baterai 3.610 mAh.Untuk sistem operasinya sendiri, Oppo N1 berjalan di Android 4.2 Jelly Bean dengan tampilan buatan Oppo sendiri yang dinamakan ColorOS.
(Kompas.com)

Penasaran dengan spesifikasinya? Ini dia.



Buat pecinta fotografi seperti saya tentunya akan semakin ngiler dengan smartphone yang satu ini. Bagaimana tidak ngiler coba. Kameranya resolusinya gila-gilaan. 13 MP yang bisa digunakan dalam pencahayaan apa pun. Mau terang atau gelap. Tenang saja. Kita tetap bisa menjepret dan tak perlu iri dengan orang yang menggunakan kamera profesional. Kita juga bisa menjadi seorang fotografer profesional dengan kemampuan kamera yang ditawarkan OPPO N1. Belum lagi kameranya sendiri yang bisa diputar kedepan yang membuat OPPO N1 tak perlu menyediakan dua kamera untuk satu ponsel. Jadi kita bisa memanfaatkan kamera yang sama untuk menjadi kamera depan.

Sudah membayangkan akan video call dengan siapa dan membagikan pemandangan atau wajah kita sendiri dengan kualitas video yang jernih dan tentu saja indah?

Selama ini mungkin kita berpikir kamera yang biasa saja sudah cukup untuk mengabadikan momen yang ingin kita simpan dalam bentuk gambar atau video. Tetapi alangkah baiknya jika kenangan tersebut berada dalam kualitas yang sangat baik bukan? Apalagi kalau kita yang tak memiliki kemampuan yang mumpuni dalam dunia fotografi. Didukung dengan kamera yang berkualitas akan membuat kita mampu menghasilkan gambar yang profesional. Sebab tak selamanya kita sempat menyiapkan kamera profesional untuk mengabadikan momen-momen tertentu dalam hidup kita. Sering momen tersebut muncul begitu saja dan satu-satunya benda yang bisa kita gunakan hanya smartphone.

Terkadang ada pula momen yang ingin kita abadikan bersama diri kita dan rasanya hanya O-Click yang akan memungkinkan kita melakukan itu semua. Sebuah 'remote' untuk smartphone kita yang sudah super canggih. Tidak ada gunanya dong kalau punya smartphone tapi tak bisa benar-benar menunjukkan ke-smart-annya. Jadi saat kita sendirian dan kita ingin mengabadikan pemandangan yang ada di tempat tersebut berikut dengan diri kita jangan repot-repot meminta orang lain untuk melakukannya. Karena dengan O-Click kita bisa menjepret bahkan dengan jarak 50 meter antara kita dan OPPO N1.

Pernah membayangkan akan ada smartphone yang seperti itu? Belum lagi yang suka lupa menyimpan OPPO N1-nya di mana, bisa pula menggunakan O-Click untuk menemukan smartphonenya. Kayak kita yang punya mobil dan kunci remotenya.

Memotret di tempat yang pencahayaannya tidak sempurna juga bukan masalah sama sekali buat kita yang menjadi Oppotographer. Sebab kamera OPPO N1 sudah dilengkapi dengan dua LED flash. Kualitas kamera oke, lengkap pula dengan dual LED flash. Kita bukan hanya bisa mengambil foto di tempat yang cahayanya tidak banyak. Bahkan kita bisa mengambil gambar yang indah di tempat yang cahayanya kurang sekalipun.

Buat pecinta fotografi tentunya OPPO N1 ini adalah smartphone yang wajib untuk dimiliki. Tapi bukan berarti Oppotographer saja yang musti punya smartphone yang kece badai ini. Buat yang ingin dimanjakan dengan tampilan jangan ragu untuk menjadikan OPPO N1 sebagai pilihan sebab gambar yang ditampilkan sangat real, karena dilengkapi dengan layar 5.9 inchi Full HD.

Selain itu masih ada lagi, yaitu terdapat Color OS yang merupakan sistem operrasi ekslusif di OPPO N1 berbasis Android. Color OS memiliki 400 peningkatan disain yang unik dan 47 paten untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan perangkat tersebut. Misalnya dengan mengandalkan gesture 1 jari, 2 jari ataupun 3 jari untuk membuka beragam aplikasi langsung dengan sangat mudah.

Oppo N1 memiliki didukung oleh processor 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 600 Quad Core, CPU Krait 300. Untuk grafisnya menggunakan GPU Adreno 320. RAM memorinya sebesar 2GB dan internal memorinya sebesar 16/32GB. OPPO N1 diotaki oleh OS Android v4.2 Jelly Bean.

Masih bingung memilih smartphone yang tepat untuk mendukung kegiatan kamu? Rasanya smartphone OPPO N1 ini sesuatu yang selama ini kita pikir too-good-to-be-true. Ternyata OPPO sendiri bisa mewujudkan sebuah smartphone impian banyak orang. Wajar jika harganya dibanderol sekitar 7juta rupiah. Namun dengan beragam kelebihan yang ditawarkan 7juta bukanlah harga yang terlalu mahal untuk memiliki OPPO N1.


Mau jadi Oppotographer? Mari buruan beralih ke OPPO N1.

Related Posts

Aku dan OPPO N1: Oppotographer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.