11 September 2013

Voice Note Buat Tesis Seorang Teman



Setelah Tusiman menyelesaikan skripsinya yang sumbernya dari novel Memamah Jantungmu sekarang giliran sebuah tesis yang digarap sahabat saya yang kuliah di Solo yang juga membahas tentang novel perdana saya yang terbit dua tahun yang lalu. Memamah Jantungmu. Novel tentang sebuah penemuan vaksin HIV/AIDS yang menyebabkan banyaknya perebutan yang mengakibatkan banyak kematian.

Genre yang saya pilih memang tak semudah menemukan pasar novel cinta atau novel komedi. Tapi saya yakin setiap novel punya penggemarnya masing-masing. Hingga akhirnya novel tersebut sempat mendapatkan Borneo Award, Men of The Year untuk kategori fiksi. Saya tak pernah menyangka akan ada yang memberikan penghargaan untuk novel perdana saya. Waktu itu saya mulai yakin untuk mencetaknya ulang dan mengganti covernya karena status novel tersebut sudah berubah.

Cetakan ke-10 yang memang saya lakukan di Pontianak dengan bantuan sebuah percetakan lokal akhirnya edisi terakhirnya benar-benar habis dan menjadi kebanggaan tersendiri saat yang membeli novel tersebut adalah seorang dosen sastra di Solo sana. Ada yang menganggap novel itu istimewa. Seperti saya yang selama ini percaya bahwa novel itu memang berbeda dari banyak novel yang pernah saya tulis sebelumnya.

Ketika keputusan untuk menerbitkannya secara indie datang saya mempertaruhkan semua uang saya untuk mencetaknya dan menjualnya sendiri. Memonopoli pasar buku tersebut sendiri dan mengizinkan banyak orang untuk memesan kenang-kenangan dari saya saat membeli novel tersebut. Ada yang meminta tanda tangan, cap bibir, dan bahkan parfum yang saya gunakan. Mau tidak mau saya memenuhi semua permintaan tersebut dan membuat semua pembeli saya merasa puas karena mendapatkan ‘stempel’ khusus di halaman paling depan buku tersebut.

Rekaman suara yang saya buat ini adalah untuk data pendukung tesis teman saya yang akan segera menyelesaikan pendidikan S2-nya di Solo. Semoga tesisnya mendapatkan nilai terbaik dan membuatnya lulus dengan membanggakan.

Fight, Liza!

@honeylizious

Followers