23 September 2013

Turun 3kg!


Hey kabar gembira buat yang sudah menjalankan OCD walaupun belum maksimal. Masih suka bolong-bolong jendela makannya. Bahkan sering kebobolan. Ini kasus saya sendiri yang sudah 3 minggu menjalankannya. Karena kurang maksimal timbunan lemak di perut masih ada. Tetapi khusus untuk berat badan sendiri sudah berkurang 3kg dari 54 sekarang menjadi 51kg.

Sebenarnya sih tak ada rencana buat menurunkan berat badan. Hanya ingin mengembalikan perut ke bentuk yang lebih baik. Lebih rata dan tidak menggelambir. Kalau memang untuk melangsingkan perut akan membuat tubuh lebih ringan tak ada masalah. Syukur alhamdulillah toh. Padahal saya makannya tidak semuanya makanan sehat. Ada beberapa makanan kurang sehat yang saya makan beberapa kali dalam seminggu.

Tetapi memang semuanya masalah mengatur jam makan saja. Tentu saja jangan rakus saat makan. Buat apa makan banyak-banyak kalau memang tak membutuhkannya? Memang sempat menjadi orang yang suka kalap saat menghadapi makanan karena pernah dibilang terlalu kurus dan kurang menarik sehingga memutuskan untuk menaikkan berat badan. Tak tanggung-tanggung ingin menaikkan sampai 10kg. Sekarang sudah mencapai naik 17kg dibandingkan berat badan beberapa tahun yang lalu. Malah sibuk ingin membuatnya sedikit turun.

Bukannya tidak puas sih tapi merasa kurang sehat saja dengan perut yang sedemikian menggelambirnya. Turun 3kg ini sama sekali tanpa olahraga. Padahal di dalam e-booknya sudah ada panduan olahraga yang tepat untuk mempercepat pembakaran lemak. Tak boleh malas dan jangan rakus sih kuncinya. Pola makannya dijaga dan jangan bolong-bolong-bolong lagi puasa kalorinya.

Jadi teringat dengan Matt, travel blogger abadi yang mengatakan bahwa musuh terbesar manusia adalah gula. Racun yang sangat manis. Padahal terlalu banyak mengosumsi gula tidak baik untuk tubuh kita sendiri. Bahkan kalau ingat soal gula saya sendiri pernah naik kadar gula darahnya hanya gara-gara kebanyakan makan nasi. Sebulan penuh diminta untuk mengurangi asupan gula supaya gula darahnya normal kembali.

Sekarang sih sudah normal. Tetapi semenjak saat itu saya mulai mengurangi tingkat manis minuman yang saya minum. Bahkan kalau bisa minumannya air putih saja.


Kamu sudah menerapkan OCD? Bagaimana? Turun berapa kg?

@honeylizious

Followers