28 September 2013

Tukang Sol Keliling

foto oleh Suparman

Setiap selesai membeli sepatu atau sandal sebelum mengenakannya ada satu orang yang harus saya temui. Tujuannya supaya sepatu atau sandal tersebut lebih tahan lama dan tidak putus di tengah jalan. Menyebalkan sih memang ketika kita sudah 'all out' ternyata tidak didukung oleh alas kaki yang kuat. Untuk menambah 'ketahanan' sebuah alas kaki dibutuhkanlah keterampilan seorang tukang sol.

Dulu kalau mau beli sepatu suka liat dulu sepatunya dijahit atau dilem. Kalau dilem biasanya akan menjadi pilihan kedua atau terakhir. Beda dengan sepatu atau sandal yang melalui proses penjahitan saat pembuatannya. Cuma sekarang sudah banyak sepatu dan sandal yang hanya dibuat semanis mungkin dan untuk menghemat masa produksi cukup dilem saja. Kalau kebetulan menggunakan lem yang cukup kuat makan sandal dan sepatu tersebut akan bertahan lebih lama. Tetapi ada juga memang produsen sepatu yang sepertinya sengaja membuat sepatu dan sandal dengan lem yang kurang tinggi kualitasnya. Selain menghemat biaya produksi tentunya membuat orang akan membeli sepatu dan sandal lagi bukan?

Di Pontianak sendiri masih banyak bertebaran tukang sol sepatu di beberapa titik yang strategis. Dua titik yang sering saya lewati adalah di simpang Kota Baru dan Jalan Parit H. Husin 2. Namun banyak juga tukang sol sepatu yang memberikan jasanya sambil berkeliling melewati rumah demi rumah untuk menemukan pelanggan. Biasanya sih saya lebih suka menjahit sepatu dengan tukang sol keliling. Soalnya mereka akan langsung menyelesaikannya di waktu yang sama dan kita tidak perlu keluar dari rumah sama sekali.

Kadang-kadang saya suka lupa setelah beli sepatu atau sandal tapi tak kunjung dibawa ke tukang sol. Belum setahun sandal atau sepatu tersebut pun segera rusak dan talinya lepas dari solnya. Biasanya karena terkena hujan dan terlalu sering digunakan pula. Menemukan tukang sol sepatu keliling yang lewat depan rumah seperti menemukan malaikat penyelamat. Sebab kita bisa mengeluarkan semua sepatu dan sandal yang belum disol. Beda kalau kita yang keluar rumah untuk mencari tukang sol. Sebab saya suka merasa ribet sendiri membawa terlalu banyak sepatu yang akan dijahit.


Ada tukang sol yang berjalan kaki. Ada pula yang bersepeda. Tak jarang pula tukang sol mengendarai sepeda motor. Di tempatmu ada tukang sol keliling?

@honeylizious

Followers