13 September 2013

Tiga Varian Minuman dari Jeruk Pontianak


Pontianak memang terkenal sekali jeruknya. Disebut Jeruk Pontianak dan itu seperti sebuah label untuk menunjukkan bahwa jeruk tersebut sudah dapat dipastikan rasanya semanis madu. Walaupun sesungguhnya jeruk-jeruk tersebut bukan berasal dari Pontianak. Secara umum memang berasal dari Kalimantan Barat. Namun bukan dari Kota Pontianak melainkan dari Tebas, Kabupaten Sambas.

Tinggal sejenak asal-usul jeruk tersebut karena sekarang yang akan dibahas adalah tentang tiga varian minuman dari Jeruk Pontianak. Beberapa kali singgah ke rumah makan atau tempat nongkrong saya selalu diberi pilihan tiga varian dari minuman Jeruk Pontianak ini.

Pertama adalah Jeruk Pontianak dingin. Ini jeruk Pontianak yang diperas airnya, ditambahkan gula secukupnya, dan es batu sebagai pendinginnya. Ini adalah jenis minuman yang sangat umum disediakan di warung makan di Pontianak termasuk di cafe dan warung kopi juga biasanya punya jenis minuman yang satu ini.

Kedua minuman Jeruk Pontianak hangat. Tak begitu berbeda dengan Jeruk Pontianak yang dingin kecuali tidak ada penambahan es batu di dalam minuman Jeruk Pontianak hangat, di sini jeruk Pontianak juga diperas dan diberi tambahan pemanis gula supaya minumannya tidak begitu tawar. Sebab untuk minuman Jeruk Pontianak dingin dan hangat memang jumlah jeruknya dibatasi dan ada tambahan air biasa di dalamnya.

Ketiga minuman Jeruk Pontianak murni. Nah kalau yang satu ini benar-benar murni terbuat dari perasan Jeruk Pontianak dan tidak ada penambahan gula dan air atau es batu. Benar-benar murni. Kalau kebetulan di tempat tersebut menyediakan jus sebenarnya ada varian ke-empat yaitu jus Jeruk Pontianak.

Tetapi yang paling umum adalah tiga jenis minuman yang sebelumnya sudah saya sebutkan di atas. Suka yang mana?

@honeylizious

Followers