23 September 2013

Selamat Datang di Kawasan Tanpa Bayangan


Ketika kita datang ke Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September kita akan menemukan banner panjang yang bertuliskan ‘Selamat Datang di Kawasan Tanpa Bayangan’. Pemasangan banner ini bukan tanpa alasan. Memang benar-benar seperti itu adanya. Kawasan Tugu Khatulistiwa, di titik poros bumi, saat posisi matahari sejajar dengan titik tersebut, bayangan yang berada di tempat tersebut akan menghilang.

Saat itu semuanya akan sejajar dan membuat bayangan jadi tak ada. Menarik bukan? Fenomena alam ini terjadi setiap bulan Maret dan September, selalu ada setiap tahunnya. Pada hari terakhir acaranya lebih meriah lagi dengan banyaknya hiburan yang disajikan untuk pengunjung. Orang yang datang juga bisa minum atau makan di warung-warung yang berjejer di dalam kawasan Tugu Khatulistiwa.


Untuk menghindari cuaca yang terlalu panas, sambil menunggu Kulminasi terjadi bisa masuk ke Gedung Tugu Khatulistiwa dan melihat-lihat segala yang ada di sana dan tentu saja berfoto dengan Tugu Khatulistiwanya.

@honeylizious

Followers