13 September 2013

Sebuah Hutan Tidak Tumbuh dalam Satu Malam


Sabar sayang, sebuah hutan tidak tumbuh dalam satu malam. Kalimat beginilah yang pada akhirnya mampu meredakan ketergesa-gesaan yang suka muncul dari dalam diri saya. Untuk menyabarkan diri sendiri saya akan membaca kalimat tersebut berkali-kali.

Setiap orang punya tingkat kesabaran yang berbeda. Tak semua orang bisa terus-menerus sabar saat berhadapan dengan sesuatu hal. Kesabaran selalu ada batasnya. Itu memang manusiawi, saat kehilangan kesabaran kemarahan akan muncul dengan sendirinya. Tak dapat dipungkiri betapa kesabaran itu membutuhkan latihan yang panjang untuk mencapai tingkatan yang tertinggi. Orang-orang yang bisa kita sebut sebagai orang yang sabar sekalipun kadang bisa juga lepas kendali terhadap dirinya sendiri.

Sekarang saya akan mulai belajar sesuatu dari awal. Saya tak akan memaksakan diri untuk memahami semua hal yang saya butuhkan dalam satu malam. Saya rasa belajar sehari satu hal lebih efektif dari pada banyak hal dalam satu malam dan membuat pembelajaran itu lebih menegangkan karena kita sedang menahan kesabaran. Menahan diri untuk tetap fokus dan kuat menghadapi tantangan selanjutnya.

Sabar sayang, sebuah hutan tidak tumbuh dalam satu malam.

Kalimat itu terus terngiang dalam kepala dan membuat saya mengerti bahwa setiap hal butuh proses. Bahkan proses yang sangat panjang juga harus dijalani kalau kita memang ingin mendapatkan sesuatu. Tak ada salahnya terus mencoba kalau melakukan kesalahan atau berhentilah sebentar saat menemukan kebuntuan. Ketika kita melanjutkan pembelajaran tersebut dengan pikiran yang kusut dan penuh dengan kebuntuan yang ada kita akan kehilangan kesabaran dan frustasi.


Setiap masalah pasti akan ada jawabannya. Setiap kebuntuan akan menemukan kembali bagiannya pangkal dan ujungnya. Tak ada benang yang kusut yang tak bisa diurai selama kita mau bersabar. Terus bersabar dan mencoba hingga akhir. Karena kita bukanlah orang yang gagal kalau kita tak menyerah dengan keadaan yang terus memaksa kita untuk berhenti selamanya.

@honeylizious

Followers