30 September 2013

Sebentuk Senja di Kalimantan Barat


Rasanya senja itu selalu menarik untuk dijepret. Apalagi saat langit benar-benar memerah dibuatnya. Pemandangan senja yang indah sekali bukan? Setiap sudut di dunia ini tentunya ada bagian langitnya dan senja akan kita temukan di mana saja. Namun senja itu tak akan sama bentuknya di beberapa tempat yang cuacanya berbeda.

Di Kalimantan Barat sendiri banyak tempat yang bisa menjadi lokasi pengambilan momen senja yang indah. Seperti di depan rumah Heni yang sempat mengambil gambarnya dengan ponsel. Langit yang jingga kemerahan di langit. Pohon-pohon yang berada di bawahnya. Pemandangan yang cukup menyejukkan hati yang seharian kelelahan dengan tekanan pekerjaan.

Senja mengingatkan saya pada banyak hal yang ada di dunia ini. Dulunya senja itu, ketika langit mulai memerah, adalah penanda untuk saya segera meninggalkan halaman tempat saya bermain pasir atau berlarian dengan teman-teman. Saatnya untuk mandi dan keadaan akan mulai menggelap sebentar lagi. Tak ada lagi terang. Malam hanya dihiasi dengan lampu minyak tanah yang membuat lubang hidung menghitam keesokan harinya.

Kampung saya memang lama sekali baru dimasukin listrik. Sehingga dulunya saya hanya belajar menggunakan lampu minyak kalau siang dan sorenya sibuk bermain. Untuk menonton televisi juga harus menggunakan aki mobil yang selalu diisi ulang kalau akinya sudah habis dayanya.

Senja mengingatkan saya pada sebentuk wajah yang sangat saya rindukan dan tak ada lagi di dunia ini. Karena di senja hari dia akan pulang dari sawah lalu menggendong saya. Aki. Senjaku.

@honeylizious

Followers